PDAM Penajam Putus 100 Sambungan Air Pelanggan

Bagus Purwa

Pengolahan Air Bersih PDAM PPU.

Penajam, helloborneo.com – Perusahaan Daerah Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengambil tindakan tegas dengan memutus sedikitnya 100 sambungan pipa air pelanggan karena belum melunasi pembayaran tagihan rekening.

Direktur PDAM Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara M Taufik, saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa, mengatakan, pemutusan saluran pipa air ke rumah pelanggan itu sebagai upaya penertiban bagi pelanggan yang hingga kini belum membayar tagihan rekening dalam waktu cukup lama.

“Dari 2017 hingga saat ini lebih kurang 100 pelanggan sudah diputus sebab belum bayar tagihan rekening air selama bertahun-tahun,” jelasnya.

Menurut Taufik, pemutusan saluran pipa air pelanggan merupakan langkah tegas PDAM, setelah memberikan surat peringatan beberapa kali kepada pelanggan.

Data PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara mencatat terdapat pelanggan yang tidak membayar tagihan rekening air selama bertahun-tahun dan berturut-turut.

“Sesuai peraturan, tiga bulan berturut-turut pelanggan tidak membayar tagihan rekening air, maka sambungan pipa air akan dicabut,” tegas Taufik.

Total tunggakan pelanggan PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara tercatat sekitar Rp1,7 miliar, yang terhitung sejak didirikannya perusahaan daerah itu pada 2003 hingga saat ini.

Selama ini, lanjut Taufik, perusahaannya masih memberikan toleransi kepada pelanggan yang belum melunasi tunggakan, jika masih ingin menyelesaikan pembayaran tagihan rekening air.

“Pelanggan harus mengajukan permohonan baru, jika pipa salurannya sudah dicabut tapi dengan syarat tunggakan diselesaikan terlebih dahulu. Kalau belum melunasi, tidak akan kami layani,” tambahnya.

Taufik menjelaskan, sampai saat ini baru sekitar 10 persen dari tunggakan Rp1,7 miliar yang terselesaikan, sehingga PDAM menanggung kerugian karena banyak tunggakan yang belum terbayarkan.

Ia berharap masyarakat lebih disiplin untuk membayar tagihan rekening air agar tidak terjadi pemutusan saluran pipa air dan PDAM menderita banyak kerugian. (bp/hb)

 

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.