Pembangunan Jalan Penajam Habiskan Dana Rp159 Miliar

Bagus Purwa

Kabag Pembangunan Setkab PPU, Nicko herlambang.

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak tiga proyek pembangunan jalan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang dikerjakan pada 2018 menghabiskan dana sebesar Rp154 miliar.

“Tiga proyek pembangunan jalan telah selesai dilelang dan akan dikerjakan dalam waktu dekat,” kata Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Nicko Herlambang, ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin.

Proyek pembangunan jalan tersebut, menurut dia, dibiayai melalui pinjaman dana dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sekitar Rp154 miliar.

“Pembangunan jalan itu akan dikerjakan dengan masa kontrak satu tahun, tapi pemerintah kabupaten berharap minimal pertengahan tahun sudah bisa rampung,” ujar Nicko Herlambang.

Tiga proyek pembangunan jalan tersebut diharapkan rampung sebelum berakhir masa jabatan Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar pada 31 Juli 2018.

“Pembangunan jalan itu bisa diselesaikan minimal pada Juni atau Juli 2018, kalau langsung dikerjakan oleh kontraktor pelaksana pemenang lelang,” ucap Nicko Herlambang.

Ketiga proyek pembangunan jalan tersebut lanjut ia, bisa langsung dikerjakan oleh kontraktor pelaksana karena mendapat pembiayaan dari PT SMI.

Proyek pembangunan jalan itu yakni Jalan Kopi-Kopi-Sungai Parit-Sesumpu senilai sekitar Rp56 miliar, dan Jalan Riko-Gersik (akses jalan menuju Pulau Balang)-Jenebora-Pantai Lango dengan nilai sekisar Rp70 miliar.

Kemudian Jalan Jumaiyah Sungai Parit-Nipah-Nipah-Sei Parit (akses jalan menuju Jembatan Sesumpu) senilai lebih kurang Rp30 miliar.

Tiga proyek pembangunan jalan yang telah dilelang tersebut tambah Nicko Herlambang, merupakan bagian dari tujuh kegiatan yang diusulkan dibiayai melalui pinjaman dana dari PT SMI.

Pinjaman dana sekitar Rp348 milar dari perusahaan pelat merah itu selain untuk membiayai ketiga proyek pembangunan jalan, juga untuk membiayai empat proyek yang dibiayai melalui skema anggaran tahun jamak (multiyears) yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. (bp/hb/Adv)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.