Wapres Resmikan Pabrik Beton Pracetak di Penajam

Bagus Purwa

Lokasi Pabrik Beton Pracetak.

Penajam, helloborneo.com  Wakil Presiden Jusuf Kalla akan meresmikan pabrik beton pracetak (precast) di Kawasan Industri Buluminung Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kata Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan setempat, Alimuddin.

“Pabrik beton pracetak ditargetkan rampung Juni 2018, pabrik itu juga sebagai persiapan untuk kebutuhan tiang pancang jembatan tol penghubung Penajam-Balikpapan,” jelas Alimuddin ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam.

Pabrik beton pracetak yang dibangun PT Waskita Karya di atas lahan seluas 11 hektare di Kawasan Industri Buluminung (KIB) tersebut untuk pembuatan tiang pancang jembatan yang akan memenuhi kebutuhan Indonesia wilayah Timur.

Selain melakukan peletakan batu pertama proyek pembangunan jembatan tol penghubung Penajam-Balikpapan, Wapres Jusuf Kalla juga diagendakan meresmikan pabrik beton pracetak di KIB Kabupaten Penajam Paser Utara.

Menyangkut kegiatan nantinya menurut Alimuddin, rombongan Wapres Jusuf Kalla akan melalui Pelabuhan Semayang Balikpapan, kemudian dijemput jajaran Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara di Pelabuhan Easkal di KIB untuk meresmikan pabrik beton pracetak.

Kemudian lanjut ia, rombongan Wapres Jusuf Kalla akan  meluncur ke Pantai Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, sebagai lokasi peletakan batu pertama proyek pembangunan jembatan tol yang menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Kota Balikpapan.

Persiapan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini yakni pembersihan anjungan Pantai Nipah-Nipah yang menjadi tempat peletakan batu pertama serta perbaikan jalan yang akan dilalui rombongan Wapres Jusuf Kalla.

“Jalan di sepanjang pesisir pantai yang mulai rusak harus diperbaiki karena menjadi jalur yang akan dilalui rombongan,” jelas Alimuddin.

Sepanjang jalan yang akan dilalui rombongan Wapres Jusuf Kalla akan diperbaiki termasuk Jalan Provinsi di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Alimuddin menyatakan, kontraktor pelaksana perbaikan Jalan Provinsi harus segera memperbaiki jalan-jalan yang rusak minimal sampai kilometer – 9 Nipah-Nipah.

Pematangan kegiatan peletakan batu pertama sebagai awal dimulainya pembangunan jembatan tol penghubung di atas Teluk Balikpapan tambah Alimuddin, terus dilakukan karena Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak menunjuk Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai lokasi peletakan batu pertama tersebut. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.