Nelayan Penajam Dapat Bantuan 28 Unit Kapal

Bagus Purwa

Perahu Nelayan.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah pusat memberikan bantuan sebanyak 28 unit kapal yang dilengkapi mesin dan alat tangkap kepada nelayan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara Evi Viola Violeta, saat ditemui helloborneo.com di Penajam, mengatakan, bantuan kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan itu disalurkan melalui dana alokasi khusus 2018 dengan nilai sekitar Rp1,6 miliar.

“Dana alokasi khusus (DAK) dari APBN itu untuk pengadaan 28 unit kapal nelayan dilengkapi mesin dan alat tangkap,” jelasnya.

Evi Viola Violeta menambahkan, program bantuan nelayan dari pemerintah pusat itu sebagai upaya mengejar target hasil ikan tangkap nasional.

Ke-28 kapal nelayan dilengkapi mesin dan alat tangkap bantuan pemerintah pusat itu akan dibagi kepada empat kelompok nelayan di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kelompok nelayan yang mendapat bantuan kapal masing-masing di Kelurahan Pejala, Tanjung Tengah, Sesumpu dan Kampung Baru di Kecamatan Penajam.

Program pengadaan kapal telah melalui proses lelang yang diadakan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara. Pemenang lelang memesan kapal buatan perajin kapal di daerah setempat dan pengerjaannya dimulai pada Mei 2018.

“Pencairan tahap pertama dana bantuan pengadaan kapal dilengkapi mesin dan alat tangkap itu pada Mei 2018,” kata Evi Viola Violeta.

Diperkirakan kapal nelayan dilengkapi mesin dan alat tangkap bantuan pemerintah pusat tersebut disalurkan kepada penerima bantuan pada akhir 2018.

Menurut Evi Viola Violeta, untuk menunjang peningkatan kesejahteraan nelayan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Dinas Perikanan setempat mengandalkan bantuan dari APBN karena keterbatasan keuangan pemerintah kabupaten. (bp/hb)

 

 

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.