Bupati Penajam: Inspektorat Beri Peringatan Dini SKPD

Ari B

 

Sosialisasi SPIP dan APIP di Kantor Bupati PPU.

Penajam, helloborneo.com – Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Yusran Aspar meminta Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) atau Inspektorat memberikan peringatan dini kepada satuan kerja perangkat daerah dalam tugas dan fungsi penyelenggaraan pemerintahan.

“APIP atau Inspektorat sebagai tim yang memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah,” tegas Yusran Aspar ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa.

Menurut bupati, APIP layaknya seperti seorang konsultan, Inspektorat harus menjadi tim yang memberikan nasihat bagi SKPD (satuan kerja perangkat daerah) bukannya mencari-cari kesalahan.

Yusran Aspar juga mengingatkan kepada seluruh bendahara umum agar selektif dalam memberikan informasi terkait admnistrasi dan keuangan menghindari adanya penyimpangan dan kesalahan.

“Bendahara jangan gegabah memberikan informasi admnistrasi dan keuangan, sehingga penyimpangan dan kesalahan dapat segera terdeteksi dan dihindari,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga telah sosialisasikan Implementasi Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP).

Inspektorat Kabupaten Penajam Paser Utara menerapkan SPIP secara menyeluruh di lingkungan SKPD pemerintah kabupaten.

Sosialisasi SPIP tersebut lanjut Yusran Aspar, diberikan kepada seluruh kepala SKPD, termasuk bendahara di setiap SKPD dan kepala desa.

“Penerapan SPIP menyeluruh, jadi kepala SKPD termasuk bendahara di setiap SKPD dan kepala desa harus mengerti dan memahami untuk penyelenggaraan pemerintahan yang baik,” jelasnya.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memperkenalkan SPIP dan implementasinya kepada seluruh SKPD dan kepala desa agar penyelenggaraan pemerintah berjalan dengan baik.

“SPIP wajib dimplementasikan dalam penyusunan Rencana Tindak Pengendalian (RTP) di unit kerja masing-masing,” tambah Yusran Aspar. (adv/bp/tan)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.