Penajam Paser Utara Berangkatkan 130 Calhaj

Ari B

Kepala Kantor Kemenag PPU, Maslekhan.

Penajam, helloborneo.com – Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memberangkatkan sebanyak 130 calon haji (Calhaj) melalui embarkasi Balikpapan pada pelaksanaan ibadah haji 2018.

“Jamaah calon haji akan diberangkatkan menuju embarkasi Balikpapan pada Rabu (8/8), pemberangkatan calon haji itu dipusatkan di Masjid Agung Al Ikhlas,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Penajam Paser Utara Maslekhan ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa.

Ratusan jamaah calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut akan diberangkatkan ke embarkasi Balikpapan sekitar pukul 07.00 Wita setelah melaksanakan Shalat Subuh berjamaah di halaman Masjid Agung Al Ikhlas.

Maslekhan mengungkapkan, jamaah calon haji dalam kondisi sehat dan siap mengikuti seluruh tahapan ibadah haji, pada saat pemeriksaan kesehatan ratusan calon haji tersebut dinyatakan sehat dan siap melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

Jamaah calon haji asal Kabupaten Penajam Paser Utara tergabung dalam kloter (kelompok terbang) 10 bersama jamaah calon haji asal Kota Balikpapan, Samarinda dan Kabupaten Paser.

Menurut Maslekhan, jamaah calon haji akan diberangkatkan menuju Mekkah dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan pada Kamis (9/8) sekitar pukul 10.15 Wita.

Seluruh jamaah calon haji dari Kabupaten Penajam Paser Utara telah mengikuti pembekalan atau manasik haji hingga menjelang keberangkatan, serta telah menyelesaikan pembuatan paspor dan persyaratan administrasi lainnya.

Ia meminta ratusan jamaah calon haji menaati peraturan dan tidak membawa barang maupun makanan yang dilarang pada saat diberangkatkan.

“Dalam penerbangan ada barang maupun makanan yang dilarang dibawa jadi kami minta jamaah calon haji mematuhi larangan itu” ujar Maslekhan.

Jamaah calon haji juga diingatkan agar tidak membawa barang berlebihan pada saat berangkat maupun saat pulang dari ibadah haji.

Maslekhan juga mengimbau jamaah calon haji untuk lebih banyak minum air sebab cuaca di Mekkah dan Madinah saat ini cukup panas mencapai lebih 40 derajat celcius. (bp/hb/Adv)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.