Warga Penajam Tutup Jalan Tuntut Perbaikan

Ari B

Jalan Meriam Diblokade Warga.

Penajam, helloborneo.com – Warga RT 12 Kelurahan Gunung Steleng Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menutup jalan di depan rumah mereka menuntut perbaikan.

“Pentupan jalan ini sebagai bentuk kekecewaan karena hampir setiap hari rumah warga berdebu dan berisik sebab jalan selalu dilalui truk perusahaan,” jelas Wakil Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Gunung Steleng ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Rabu.

Warga yang tinggal di sekitar Jalan Gunung Meriam Kelurahan Gunung Steleng, Kecamatan Penajam merasa keberatan dengan debu yang ditimbulkan oleh truk perusahaan yang melintas di jalan tersebut.

Dalam satu hari lanjut Ahmad, tidak kurang dari 20 unit truk perusahaan melalui Jalan Meriam.

Tingginya intensitas truk perusahaan melalui Jalan Meriam tersebut menurut dia, mengakibatkan jalan menjadi rusak dan bergelombang karena tidak kuat menahan beban.

Jalan yang rusak itu juga meresahkan warga sekitar akibat debu beterbangan ke rumah-rumah, yang rawan menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan, serta sudah dua pengendara kendaraan roda dua jatuh terperosok di jalan rusak di wilayah tersebut.

“Selain debu beterbangan, beberapa kaca jendela rumah warga juga retak akibat aktivitas truk yang lewat cukup tinggi,” ungkap Ahmad.

Warga RT 12 Kelurahan Gunung Steleng, Kecamatan Penajam perbaikan dan peningkatan jalan menggunakan material beton sebelum penutupan jalan dengan menggunakan portal kembali dibuka.

Aksi penutupan jalan jalur kendaraan perusahaan dari Kawasan Industri Buluminung atau KIB yang dimulai sejak Senin (6/8) itu sempat dialihkan ke Jalan Kapau Kelurahan Gunung Steleng.

Semantara Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Penajam Paser Utara Alimuddin saat ditemui di lokasi menegaskan, keluhan warga terkait peningkatan jalan tersebut sudah disepakati masuk direncana kegiatan pemerintah kabupaten 2019.

“Kesepakatan termasuk akan dilakukan penyiraman jalan setiap hari oleh pihak pertamanan,” tambahnya. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.