Penajam Berencana Kembali Bentuk Dinas Pendapatan Daerah

Ari B

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berencana kembali membentuk Dinas Pendapatan Daerah yang selama ini berada di bawah naungan Badan Keuangan.

“Pemisahan Dinas Pendatan Daerah (Dispenda) dengan Badan Keuangan tengah ditindaklanjuti,” jelas Sekretaris Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Penajam Paser Utara Hadi Saputro ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Rabu.

 

Sekretaris Bapelitbang PPU, Hadi saputro.

Kajian pemisahan lembaga pendapatan dari Badan Keuangan tersebut ditangani tim Subbidang Analisa dan Evaluasi Kebijakan Bidang Penelitian dan Pengembengan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Rencana pemisahan lembaga pendapatan daerah itu, sebab selama berada di bawah naungan Badan Keuangan dinilai menurun,” ujar Hadi Saputro.

Seiring diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan perampingan perangkat daerah salah satunya melebur Dispenda dengan Badan Keuangan.

Namun, Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara terpilih periode 2018-2023 Abdul Gafur Mas’ud-Hamdam mewacanakan pembentukan kembali Dispenda dipsahkan dari Badan Keuangan.

Tujuan pemisahan perangkat daerah Dispenda dengan Badan Keuangan tersebut untuk meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah) Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Sejauh ini PAD belum memberikan kontribusi positif, sehingga kas daerah sangat bergantung pada dana perimbangan dari pemerintah pusat,” kata Hadi Saputro.

Pembentukan kembali Dispenda lanjut ia, sangat memungkinkan, mengingat selama dua tahun dana bagi hasil dari pemerintah pusat terkoreksi mengalami penurunan.

Jika Dispenda jadi dipisahkan dari Badan Keuangan menurut Hadi Saputro, mempunyai tugas pokok meningkatkan PAD yang sejak 2015 hingga kini target tidak pernah meningkat dikisaran Rp125 miliar.

“Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) masih mengkaji upaya pemisahan Dispenda dari Badan Keuangan itu, untuk fokus tingkatkan PAD,” tambahnya. (bp/hb)

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.