Mendadak, Bupati-Wabup Penajam Terpilih Dilantik Rabu Malam

Bagus Purwa

Penajam, helloborneo.com – Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak dijadwalkan melantik Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara terpilih periode 2018-2023, Abdul Gafur Mas`ud dan Hamdam, di Pendopo Lamin Etam,Samarinda, Rabu malam.

Sekretaris Kabupaten PPU, Tohar.

Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Rabu siang, mengatakan, pelantikan yang cukup mendadak itu dilakukan setelah Kementerian Dalam Negeri menerbitkan Surat Keputusan Penetapan Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara terpilih hasil pilkada beberapa waktu lalu.

Menurut informasi, sekitar pukul 09.00 Wita, kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat telepon dari Pemprov Kaltim yang menginformasikan soal surat dari Kemendagri yang diterima pada Selasa (18/9) malam.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meminta kami menyampaikan kepada kepala daerah terpilih untuk menyiapkan diri menjalani pelantikan malam ini di Lamin Etam, Samarinda, pukul 19.00 Wita” jelas Tohar.

Pelantikan Abdul Gafur Mas`ud dan Hamdam sebagai Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara terpilih awalnya dijadwalkan pada 20 September 2018, namun mendadak dimajukan sehari lebih cepat karena hari ini merupakan hari terakhir Awang Faroek Ishak menjabat sebagai Gubernur Kaltim.

Awang Faroek Ishak harus mengakhiri masa jabatan periode keduanya lebih cepat dari semestinya pada 18 Desember 2018, karena mendaftar sebagai calon legislatif DPR RI untuk Pemilu 2019 yang penetapan DCT (daftar caleg tetap) pada 20 September.

“Makanya pelantikan bupati dan wakil bupati dimajukan menjadi Rabu malam,” tambah Tobar.

Sementara untuk pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Penajam Paser Utara dengan agenda serah terima jabatan digelar pada Jumat (21/9) dan malam harinya dilanjutkan acara syukuran.

Pasangan Abdul Gafur Mas`ud-Hamdam terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara setelah memperoleh 37.445 suara pada Pilkada 2018, mengungguli dua pasangan lainnya, yakni Andi Harahap-Fadly Imawan yang memperoleh 31.860 suara dan Mustaqim MZ-Sofyan Nur dengan 13.202 suara.

Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi satu-satunya daerah di Kaltim yang menggelar pilkada serentak tahun ini, bersamaan dengan pemilihan gubernur. (bp/hb/Adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.