Penajam Siapkan 120 Komputer untuk Tes CPNS

Ari B

Penajam, helloborneo.com Badan Kepegawaian Pendidikan dan Peatihan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, telah menyiapkan sebanyak 120 unit komputer untuk pelaksanaan tes CPNS (calon pegawai negeri sipil) 2018.

Verifikator CPNS PPU.

“Kami siapkan 100 komputer utama dan 20 komputer cadangan untuk tes CPNS,” jelas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara Surodal Santoso ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan atau BKPP Kabupaten Penajam Paser Utara, juga menjamin server Badan Kepegawaian Negara (BKN) mampu mencukupi untuk pelaksanaan tes CPNS yang diperkirakan akan berlangsung selama lima hari.

BKPP Kabupaten Penajam Paser Utara akan menggunakan konsep sistem UNBK (ujian nasional berbasis komputer) seperti di sekolah untuk pelaksanaan tes CPNS 2018.

“Tes CPNS di Kabupaten Penajam Paser Utara menggunakan sistem UNBK layaknya di sekolah, bedanya tes CPNS terkoneksi langsung dangan jaringan BKN,” kata Surodal Santoso.

Menggunakan konsep sistem UNBK seperti yang dilaksanakan sekolah tersebut menurut dia, untuk menghemat biaya bagi pelamar dalam mengikuti tes CPNS 2018.

Sebelumnya BKPP Kabupaten Penajam Paser Utara menjadwalkan pelaksanaan tes CPNS digabung bersama di Kota Balikpapan, karena terbatasnya tenaga teknisi program naskah soal CPNS di Regional VII BKN Banjarmasin.

Namun untuk menghemat biaya, Surodal Santoso memastikan pelaksanaan tes CPNS dilaksanakan di Kabupaten Penajam Paser Utara dengan menggunakan konsep sistem UNBK.

“Tes CPNS 2018 akan dilaksanakan di gedung Islamic Center Kabupaten Penajam Paser Utara yang berada di Kecamatan Penajam,” ujarnya.

Tes CPNS 2018 menggunakan sistem CAT (Computer assisted test), yang hasilnya dapat diketahui secara online atau langsung dilihat oleh masing-masing peserta.

Sedangkan sistem UNBK tambah Surodal Santoso, ada jeda waktu untuk mengetahui hasil tes karena membutuhkan proses pencetakan hasil tes dari masing-masing peserta. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.