Penajam Kembali Gelar “Assessment” Persiapan Pelantikan Pejabat.

Ari B


Uji kompetensi jabatan atau “assessment” bagi pejabat Eselon IV A di Pemkab PPU.

Penajam, helloborneo.com – PemerintahKabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kembali menggelar uji kompetensi jabatan atau “assessment” bagi pejabat sebagai persiapan pelantikan pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten setempat yang dijadwalkan dilaksanakan pada April 2019.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara Surodal Santoso saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat, mengatakan, uji kompetensi jabatan dilakukan sebagai upaya pengembangan pegawai, serta untuk mengumpulkan data dan informasi kemampuan pejabat.

Uji kompetensi jabatan dimulai dan dibuka oleh Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar, Kamis, 17 Januari 2019. dan diikuti sedikitnya 80 pejabat eselon III atau setingkat admnistrator di seluruh SKPD (satuan kerja perangkat daerah).

“Kegiatan uji kompetensi jabatan itu kegiatan kedua kalinya digelar pada 2019, hasil kompetensi jabatan untuk data dan informasi kemampuan masing-masing pejabat,” jelas Surodal Santoso.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara telah melaksanakan uji kompetensi jabatan atau “assessment” terhadap puluhan pejabat eselon II atau setingkat kepala dinas.

“Masing-masing peserta uji kompetensi jabatan diuji menulis makalah dan wawancara,” kata Surodal Santoso.

Panitia seleksi uji kompetensi jabatan tersebut menurut dia, dari Badan Kepegawaian Negara atau BKN, sebanyak 15 orang.

Standar nilai yang harus diraih masing-masing peserta uji kompetensi jabatan itu lanjut Surodal Santoso, minimal 80 persen.

Ia menimpali lagi, bagi pejabat yang ingin dipromosikan harus mencapai nilai maksimal 90 persen ke atas pada uji kompetensi jabatan tersebut.

“Uji kompetensi jabatan itu sebagai persiapan agenda pelantikan pejabat yang dijadwalkan digelar pada April 2019,” ujar Surodal Santoso.

“Assessment” bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tambahnya, untuk memenuhi database jabatan sebagai persiapan penyegaran organisasi pemerintahan Kabupaten Penajam Paser Utara. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.