Disdikpora Penajam Pastikan Seluruh SMP Laksanakan UNBK

Ari B

Kepala Disdikpora PPU, Marjani.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memastikan seluruh Sekolah Menengah Pertama sederajat akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer atau UNBK April 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga atau Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara, Marjani saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Kamis, mengatakan dipastikan seluruh SMP sederajat pada 2019 akan melaksanakan UNBK.

Sekolah Menengah Pertama atau SMP sederajat yang siap melaksanakan UNBK tersebut, lanjut ia termasuk delapan SMP yang sebelumnya dikabarkan masih kekurangan sarana prasarana komputer untuk menyelenggarakan UNBK.

“Delapan sekolah yang masih kekurangan sarana prasarana komuputer untuk melaksanakan UNBK itu, dipastikan akan meminjam ke sekolah lain,” tambahnya.

Sehingga dipastikan pada 2019, sebanyak 41 SMP negeri maupun swasta sederajat di Kabupaten Penajam Paser Utara akan menggelar ujian nasional secara daring (online) menggunakan sistem komputerisasi.

Marjani juga memastikan fasilitas dan komputer untuk melaksanakan UNBK hampir terpenuhi di seluruh sekolah-sekolah.

Sejak tiga tahun terakhir menurut dia, sekolah setara SMP di Kabupaten Penajam Paser Utara telah melaksanakan UNBK secara menyeluruh.

Namun permasalahan teknis, seperti jaringan yang masih sering terganggu atau pemadaman listrik menjadi kekhawatiran saat dilaksanakannya UNBK di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Marjani optimistis nilai rata-rata UNBK pada 2019 meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya dikisaran angka enam.

Sementara jumlah peserta UNBK tingkat SMP sederajat di Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2019, tercatat mencapai 2.921 siswa/siswi.

Pada periode 2016/2017 jumlah peserta UNBK tingkat SMP sederajat sebanyak 3.065 siswa/siswi, kemudian periode 2017/2018 menurun menjadi 2.807 peserta. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.