Kantor KPU Penajam Dijaga Ketat 24 jam

Bagus Purwa

Penajam, helloborneo.com – Kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dijaga ketat selama 24 jam oleh anggota kepolisian, menyusul datangnya secara bertahap surat suara yang akan digunakan dalam Pemilihan Umum atau Pemilu 2019.

Pendistribusian surat suara untuk Pemilu 2019 secara bertahap mulai tiba di Kantor KPU Kabupaten Penajam Paser Utara, Kamis pagi, dijaga aparat kepolisian.

“Surat suara Pemilu 2919 mulai tiba secara bertahap di Kantor KPU,” jelas Sekretaris KPU Kabupaten Penajam Paser Utara Salman ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara menerima sebanyak 823 koli surat suara yang akan digunakan dalam Pemilu 2019 tersebut pada Kamis (28/2) pagi, dengan pengawalan ketat aparat kepolisian serta penyelenggara pemilu setampat.

Surat suara untuk Pemilihan Umum atau Pemilu 2019 tersebut menurut Salman, terdiri dari surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten serta surat suara Pemiihan Presden dan Wakil Presiden.

Seluruh surat suara yang telah diterima itu lanjut ia, disimpan di ruang rapat Kantor KPU Kabupaten Penajam Paser Utara dan mendapatkan pengamanan ketat dari aparat kepolisian selama 24 jam.

Setelah KPU Kabupaten Penajam Paser Utara menerima surat suara, selanjutnya akan dilakukan penyortiran terhadap surat suara tersebut.

Penyortiran itu untuk memastikan kekurangan dan kelayakan surat suara, yang akan melibatkan tenaga pendukung dari internal Sekretariat KPU Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Kalau tenaga sortir dari internal Sekretariat KPU kurang, akan merekrut masyarakat untuk membantu melakukan penyortiran surat suara,” ujar Salman.

“Dibutuhkan sekitar 30 orang untuk melakukan penyortiran surat suara, dan untuk perekrutan tenaga penyortir dari masyarakat melalui seleksi,” ucapnya.

Tenaga penyortiran surat suara tegas Salman, harus orang yang tidak terlibat dalam partai politik, tim pemenangan calon legislatif serta calon presiden dan wakil presiden.

Jumlah surat suara yang telah diterima KPU Kabupaten Penajam Paser Utara sebanyak 823 koli tersebut tambahnya, belum secara keseluruhan dan diperkirakan kekurangan surat suara akan tiba pada 2 atau 3 Maret 2019. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.