Baznas Penajam Salurkan Rp1,4 Miliar Selama Ramadhan

Bagus Purwa

Ketua Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Kabupaten Penajam Paser Utara, Solihin Sofyan.

Penajam, helloborneo.comBadan Amil Zakat Nasional atau Baznas Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, telah menyalurkan dana Rp1,4 miliar dalam berbagai kegiatan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu di daerah itu selama Ramadhan.

“Berbagai program untuk menyalurkan zakat kepada mustahik atau orang yang berhak menerima zakat yang tersebar di empat kecamatan, terus kami lakukan,” kata Ketua Baznas Kabupaten Penajam Paser Utara Solihin Sofyan ketika ditemui helloborneo.com, Rabu.

Bantuan yang diberikan Baznas Kabupaten Penajam Paser Utara kepada warga kurang mampu tersebut melalui program Paket Ramadhan Ceria, santunan kepada pelajar SD/MI/SMP/MTs serta SMA/MA/SMK yang tersebar di empat kecamatan.

Santunan lainnya yang diberikan kepada fakir miskin, serta Sabilillah (tokoh agama/kaum masjid/Imam Rawatib) dan muallaf juga menjadi program atau kegiatan penyaluran zakat dan sedekah Baznas Kabupaten Penajam Paser Utara.

Baznas Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut Solihin Sofyan, juga memberikan modal usaha dan beasiswa, serta melakukan bedah rumah tidak layak huni warga kurang mampu di wilayah Penajam Paser Utara.

“Selama Ramadhan dana yang sudah tersalurkan untuk program dan kegiatan yang dilaksanakan itu mencapai sekitar Rp1,4 miliar,” ungkapnya.

Peket Ramadhan Ceria menurut Solihin Sofyan, kegiatan atau program untuk membantu mustahik selama Ramadhan dan menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Secara keseluruhan sepanjang 2019 Baznas Kabupaten Penajam Paser Utara menurut Solihin Sofyan, telah menyalurkan dana zakat, infaq dan sedekah kepada orang yang berhak menerima lebih kurang Rp2,6 miliar.

Pengumpulan zakat, infaq dan sedekah tegasnya, akan terus ditingkatkan sehingga dana yang bisa dihimpun Baznas Kabupaten Penajam Paser Utara semakin besar, serta dimanfaatkan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

“Jika pengumpulan zakat, infaq dan sedekah semakin besar, maka Baznas dapat membantu warga kurang mampu di wilayah Penajam Paser Utara lebih banyak lagi,” ujar Solihin Sofyan.

Meningkatkan jumlah dana penerimaan zakat, infaq dan sedekah serta pendayagunaannya secara lebih luas, diharapkan dapat tercapai untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu di wilayah Penajam Paser Utara. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.