Rp2,5 Miliar Untuk Ruang Terbuka Hijau Kantor Bupati Penajam

Ari B

Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Pemkab PPU, Anang Widianto.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur mengalokasikan dana sekitar Rp2,5 miliar untuk pembangunan ruang terbuka hijau atau taman hijau sekaligus  memperindah halaman depan kantor bupati setempat.

Informasi yang diperoleh helloborneo.com, Rabu menyebutkan, tahap awal pembangunan taman hijau di depan Kantor Bupati Penajam Paser Utara tersebut, dialokasikan Rp300 juta untuk perencanaan.

Sementara pembangunan fisik ruang terbuka hijau untuk memperindah Kantor Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara itu akan diusulkan pada anggaran perubahan 2019 atau  APBD 2020.

“Perencanaan pembangunan taman hijau itu sudah masuk tahap lelang,” kata Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Anang Widianto ketika dikonfirmasi.

Dokumen lelang perencanaan pembangunan ruang terbuka hijau tersebut sudah diserahkan kepada Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Tahapan lelang perencanaan pembangunan taman hijau di depan Kantor Bupati Penajam Paser Utara, saat ini sudah masuk prakualifikasi,” ungkap Anang Widianto.

Jika proses lelang berjalan lancar, menurut dia, diperkirakan dalam waktu dua bulan sudah ada pemenang lelang perencanaan pembangunan ruang terbuka hijau tersebut.

Pembangunan ruang terbuka hijau di halaman depan Kantor Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara itu, selain untuk penghijauan juga untuk menahan polusi udara.

Dalam Konsep pembangunan taman kota di halaman depan Kantor Bupati Penajam Paser Utara tersebut selain ruang terbuka hijau, juga dibangun alun-alun dan taman bermain anak.

Konsep penataan kawasan halaman pemerintahan itu, mulai dari depan Kantor Bupati hingga Kantor Komando Distrik Militer atau Kodim 0913 Penajam Paser Utara.

Keinginan untuk mempercantik halaman Kantor Bupati Penajam Paser Utara tersebut muncul sejak 2016, namun terus tertunda lantaran kondisi keuangan pemerintah kabupaten setempat mengalami defisit. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.