Penajam Target Juara Umum Peda KTNA KAltim

Ari B

Wabup Hamdam Sematkan Topi Peserta KTNA Kepada Perwakilan Petani di Kabupaten PPU.

Penajam, helloborneo.com – Kabupaten Penajam Paser Utara menargetkan meraih juara umum pada Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan atau Peda KTNA ke-10 tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang akan diselenggarakan pada 20-25 Juli 2019.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam, saat ditemui helloborneo.com, Kamis mengatakan, seluruh kontingen agar menjadi duta perwakilan Kabupaten Penajam Paser Utara pada Peda KTNA.

Selain menjadi duta lanjut Wabup, seluruh kontingen Kabupaten Penajam Paser Utara juga harus menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam Peda KTNA ke-10 tersebut.

Ada tiga inovasi unggulan menurut Hamdam, yang akan diperagakan kontingen Kabupaten Penajam Paser Utara di Peda KTNA tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Kontingen Kabupaten Penajam Paser Utara akan memperagakan inovasi pengolahan rumput laut untuk dijadikan sabun mandi, serta pemanfaatan pelepah sawit untuk pakan ternak.

Inovasi peningkatan berat badan hewan ternak dengan memanfaatkan limbah buah naga dan pepaya, juga akan diperagakan kontingen Kabupaten Penajam Paser Utara pada Peda KTNA.

Dengan tiga inovasi tersebut, Kabupaten Penajam Paser Utara menargetkan mampu meraih juara umum pada Peda KTNA tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2019 tersebut.

Pada Peda KTNA ke-9 tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang diselenggarakan di Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2016, kontingen Kabupaten Penajam Paser Utara berhasil meraih juara pertama terbaik.

Sebanyak 150 petani, 15 nelayan serta sembilan petugas pendamping siap diberangkatkan untuk bersaing pada Peda KTNA ke-10 tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang digelar di Kabupaten Berau tersebut.

Kegiatan Peda KTNA itu dapat menjadi ajang untuk bertukar informasi, sehingga para petani dan nelayan dapat berinovasi serta menerapkannya ketika kembali ke daerah masing-masing.

Peda KTNA dapat dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan, wawasan serta keterampilan bagi petani, nelayan dan penyuluh. (Adv/bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.