Lomba Perahu Cepat Tradisi Nelayan Pantai Lango Penajam

Lomba Perahu Cepat Pantai Lango Kecamatan Penajam.

Ari B

Penajam, helloborneo.com – Lomba perahu cepat tradisi tahunan nelayan Kelurahan Pantai Lango, di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang digelar sebagai hiburan masyarakat pesisir di daerah itu.

Ketua Pelaksana Lomba Perahu Cepat Kelurahan Pantai Lango, Abdul Kadir saat ditemui helloborneo.com, Senin mengatakan lomba perahu cepat diadakan setiap tahun sekaligus memeriahkan hari jadi Kabupaten Penajam Paser Utara.

Masyarakat Kelurahan Pantai Lango yang identik dengan nelayan, memiliki tradisi menarik yaitu mengadakan lomba balap perahu cepat dibalik rutinitas menangkap ikan di laut.

Rute balap perahu cepat tersebut dimulai dari kawasan Pulau Balang sampai ke Pantai Lango sepanjang lima kilometer.

“Perahu-perahu yang digunakan adalah milik warga yang berprofesi sebagai nelayan, dan lomba perahu cepat diikuti puluhan peserta,” ujar Abdul Kadir.

“Peserta balap perahu cepat itu diikuti peserta dari warga Kelurahan pantai Lango, serta masyarakat pesisir lainnya di wilayah Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser,” ucapnya.

Lomba balap perahu cepat yang diadakan setiap tahun dikemas dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut merupakan swadaya seluruh warga Kelurahan Pantai Lango.

“Kalau bisa pemerintah kabupaten bisa mendukung balap perahu cepat sebagai hiburan masyarakat nelayan Pantai Lango dan sekitarnya agar tetap bisa berkelanjutan setiap tahun,” kata Abdul Kadir.

Penyelenggaraan lomba perahu cepat menurut Lurah Pantai Lango Ramaini, untuk mengenalkan kearifan lokal masyarakat pesisir di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ia berharap tradisi masyarakat pesisir tersebut terus dijaga dan dilestarikan oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, sebagai kearifan lokal yang dapat menjadi ikon wisata.

“Kami harap Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mendukung dan memperhatikan kegiatan lomba perahu cepat yang diadakan setiap tahun untuk memeriahkan hari ulang tahun kabupaten itu,” tambah Ramaini. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.