DLH Penajam Ajak Warga Berdonasi Tangani Corona Melalui Sedekah Sampah

Ari B

DLH Kabupaten PPU Menyerahkan Bantuan Dari Hasil Sedekah Sampah.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengajak warga di daerah itu berdonasi untuk membantu menanggulangi mewabahnya virus corona jenis baru penyebab COVID-19 melalui sedekah sampah.

“Kami membuka layanan sedekah sampah untuk membantu penanganan virus corona,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Kabupaten Penajam Paser Utara, Tita Deritayati ketika ditemui helloborneo.com, Jumat.

Program sedekah sampah merupakan gagasan baru DLH Kabupaten Penajam Paser Utara untuk mengajak masyarakat berkontribusi dalam penanggulangan COVID-19.

Warga Kabupaten Penajam Paser Utara diminta menyisihkan sampah rumah tangga yang masih mempunyai nilai ekonomis, kemudian dikumpulkan di pusat pengolahan sampah terpadu binaan DLH setempat untuk dijual.

Jenis Sampah Yang Bernilai Ekonomis.

“Kami juga melayani jemput bola jadi masyarakat tinggal menghubungi petugas kami untuk mengambil sampah di rumahnya. Sebagai uji coba kami tentukan untuk wilayah penajam sampai petung dulu. Selain itu kami berharap bisa diantarkan ke Pusat Bank Sampah di Pasar Induk Nenang.”terang Tita.

Sampah – sampah yang masih bernilai ekonomis itu dijelaskanTita Deritayati, antara lain kertas kering seperti koran, kardus dan kertas HVS, serta botol plastik, ember, aluminium, kaleng, besi, timah dan jenis logam lainnya.

“Ada dua program bank sampah, jadi warga yang ingin anak-anaknya punya tabungan dari hasil sampah boleh menabung di bank sampah,” ucapnya.

“Tapi kalau tidak mau menabung sedekahkan saja sampahnya ke kami, pusat pengolahan sampah terpadu binaan DLH siap menampung sampah yang masih bernilai ekonomis,” ujar Tita Deritayati.

Hasil penjualan sampah rumah tangga yang masih mempunyai nilai ekonomis yang dikumpulkan masyarakat tersebut lanjut dia, akan langsung disalurkan kepada warga terdampak CIVID-19.

Tujuan program itu menurut Tita Deritayati, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara akan manfaat sampah.

“Kami harap warga memanfaatkan sampah menjadi bernilai ekonomi dan saat ini juga dapat membantu upaya pemerintah kabupaten memutus rantai penyebaran virus corona,” katanya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berkontribusi dalam penanganan COVID-19, salah satunya yang dilakukan DHL Kabupaten Penajam Paser Utara dengan membuka layanan sedekah sampah. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.