Wabup Penajam Minta Bilik Sterilisasi Segera Dipasang di Tempat Umum

Ari B

Bilik Sterilisasi di Pelabuhan Speed Penajam.

Penajam, helloborneo.com – Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantah Timur, Hamdam meminta Dinas Kesehatan setempat segera memasang bilik sterilisasi di tempat-tempat umum untuk meminimalisir penyebaran virus corona jenis baru penyebab COVID-19 di daerah itu.

“Bilik sterilisasi diharapkan mampu mengurangi jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujar Hamdam ketika ditemui helloborneo.com, Kamis.

Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut Wabup, sudah memesan 100 bilik sterilisasi dari Kota Surabaya, Jawa Timur untuk dipasang di fasilitas-fasilitas umum.

Untuk itu Hamdam mendesak Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara segara memasang dan mengoperasionalkan bilik sterilisasi tersebut.

Wabup juga meminta masyarakat tetap menerapkan prosedur protokol kesehatan dengan tidak berkumpul dengan banyak orang, serta menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arnlod Wayong saat ditemui terpisah memastikan bilik sterilisasi mulai dipasang di tempat-tempat umum di daerah itu.

“Kami prioritaskan bilik sterilisasi dipasang di pintu masuk pelabuhan dan wilayah perbatasan sisi darat terlebih dahulu,” ungkapnya.

Tahap pertama menurut Arnlod Wayong, akan dipasang sebanyak 56 bilik sterilisasi di pusat-pusat keramaian di wilayah Penajam Paser Utara.

Bilik sterilisasi khusus kendaraan jelasnya dipasang di masuk pelabuhan dan di pintu masuk Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Ratu Aji Putri Botung.

Bilik sterilisasi khusus kendaraan juga dipasang di wilayah perbatasan sisi darat Kecamatan Babulu dan Kecamatan Sepaku untuk menekan penyebaran virus corona.

Bilik sterilisasi yang dilengkapi disinfektan yang aman bagi kulit dan tidak berbahaya bagi manusia tersebut juga akan dipasang di terminal, pasar, tempat-tempat ibadah, puskesmas serta fasilitas umum lainnya. (adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.