Penajam Paser Utara Rampungkan Penyaluran BLT-DD 2

Bagus Purwa

Dokumentasi Penyaluran BLT Dana Desa Giripurwa.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, merampungkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap 2 guna meringankan beban warga tidak mampu yang terdampak pandemi COVID-19.

“BLT-DD tahap 2 untuk 30 desa sudah tuntas,” ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara Nurbayah ketika dihubungi helloborneo.com, Sabtu.

Penyaluran BLT-DD lanjutnya, kebanyakan disalurkan dalam bentuk uang tunai kepada keluarga penerima manfaat (KPM), namun ada juga yang disalurkan via rekening, salah satunya adalah di Desa Giri Mukti yang disalurkan via BRI untuk 71 kepala keluarga (KK) dengan nilai Rp600 ribu per KK.

Kabupaten Penajam Paser Utara terdapat 54 desa dan kelurahan dengan rincian 30 desa dan 24 kelurahan. Sementara BLT-DD hanya untuk warga tidak mampu di desa karena untuk kelurahan sudah ada program lain dari pemerintah yang nilainya juga sama.

Total BLT-DD tahap 2 dengan penerima sebanyak 2.464 KK atau KPM yang nilainya total mencapai Rp1,47 miliar, yakni Rp600 ribu dikali 2.464 KPM.

Nurbayah mengatakan bahwa dalam penyaluran tahap 1 pada Mei lalu, terjadi penurunan jumlah penerima karena ada dua hal, yakni ada yang tidak mau di dinding depan rumahnya ditempel stiker Warga Miskin dan ada yang mengundurkan diri karena sudah menerima bantuan dari program lain.

Dalam data awal untuk rencana penyaluran tahap pertama dulu, lanjutnya, jumlah penerimanya ada 2.390 KK, namun yang bisa disalurkan turun menjadi 2.360 KPM atau terjadi penurunan 30 KPM dengan nilai yang tersalur sebesar Rp1,41 miliar karena mengundurkan diri dengan alasan dua hal tersebut.

Sedangkan untuk BLT-DD tahap 2, katanya lagi, terjadi penambahan penerima dari beberapa desa, terutama yang paling banyak penambahan KPM terjadi di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, yakni dari tahap 1 ada 84 KPM, namun di tahap 2 naik menjadi 181 KPM atau bertambah 97 KPM.

“Penambahn KPM ini sudah melalui musyawarah desa dan sesuai aturan mengenai syarat KK penerima bantuan. BLT-DD tahap 1 dan tahap 2 berjalan aman, sedangkan untuk penyaluran tahap 3 kami rencanakan pekan pertama hingga pekan kedua bulan Juli,” ucap Nurbayah.(bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.