Penduduk di Penajam Paser Utara Calon Ibu Kota Negara Terus Bertambah

Ari B                                                                             

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten PPU, Suyanto.

Penajam, helloborneo.com – Penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara terus bertambah setelah daerah itu ditetapkan sebagai bagian dari calon ibu kota negara Indonesia yang baru di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

“Jumlah penduduk terus bertambah, ada tambahan sekitar 2.500 jiwa,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto ketika ditemui helloborneo.com, Kamis.

Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara mencatat saat ini jumlah penduduk sebanyak 175.871 jiwa atau bertambah 2.500 jiwa dari sebelumnya sebanyak 173.371 jiwa.

Pertambahan penduduk tertinggi terjadi di wilayah Kecamatan Penajam dengan perkiraan penambahan penduduk mencapai 1.000 jiwa hingga saat ini.

Lonjakan jumlah penduduk tertinggi di Kabupaten Penajam Paser Utara menurut Suyanto, terjadi pada Februari, Maret dan April 2020.

“Rata-rata pada ketiga bulan itu tercatat warga pendatang yang mengurus surat pindah masuk ke Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai 300 hingga 400 orang,” ujarnya.

“Banyaknya warga pendatang baru di Kabupaten Penajam Paser Utara itu karena ingin mencari lapangan pekerjaan.” ucap Suyanto.

Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara Penajam Paser Utara setelah ditetapkan sebagai calon ibu kota negara oleh Presiden Joko Widodo, terus meningkat.

Arus urbanisasi lanjut Suyanto, tidak bisa terbendung sejak Kabupaten Penajam Paser Utara ditetapkan sebagai calon ibu kota negara Indonesia yang baru.

Bahkan ia memprediksi, jumlah penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2023 tembus mencapai sekitar 200.000 jiwa. (bp/tan) 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.