10 Jabatan Kosong, Setara Eselon II di Lingkungan Pemkab Berau

Foto Istimewa.

Berau, helloborneo.com – Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Berau mengatakan saat ini terdapat sejumlah jabatan kosong setara Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, akibat meninggal dunia dan pension.

Kepala BKPP Berau, Muhammad Said merinci saat ini sebanyak 10 jabatan kosong setara Eselon II, di antaranya jabatan Asisten I, II, dan Asisten III Setda Berau, Kepala Dinas Koperasi dan Perindustrian (Diskoperinda), Kepala Dinas Perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP), Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Kesbangpol dan lainnya.

“Saat ini sudah ada 10 jabatan, ditambah baru-baru ini kan kepala perizinan juga,” ujar Muhammad Said saat ditemui helloborneo.com (7/6/2021).

Ia menegaskan untuk sementara waktu jabatan kosong tersebut masih di isi oleh pelaksana tugas atau Plt.
Sementara untuk lelang jabatan atau open bidding, baru akan dilakukan sekitar bulan September 2021 mendatang, atau setelah proses rotasi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selesai.

Diketahui saat ini tengah dilakukan ujian kompetensi atau asessment untuk rotasi kepala OPD untuk jabatan yang setara.

“Jabatan akan dilelang tepat setelah pelantikan pejabat yang mengikuti rotasi ini, sekitar September mendatang”. imbuhnya.

Selain itu, lelang jabatan juga tidak bisa dilakukan sebelum enam bulan paska pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, karena telah diatur dalam perundang-undangan sehingga Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tidak akan memberikan rekomendasi open bidding sebelum waktu yang ditentukan tersebut.

Nantinya, pengisian jabatan kosong melalui lelang ini, akan bersamaan dengan pengisian jabatan kepala dinas yang mendekati pensiun seperti Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Tidak boleh ada lelang jabatan kalau bupati belum 6 bulan menjabat, sesuai undang-undang Pilkada, kalaupun tetap dilakukan tidak akan mendapatkan rekomendasi KASN,” tutupnya. (nr/sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.