Juni 2021, Target Vaksinasi Berau Hanya Capai 20 Persen

Foto Istimewa.

Berau, helloborneo.com – Target vaksinasi di Kabupaten Berau baru mencapai 20 persen, atau baru mencapai 28.947 jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, Iswahyudi mengatakan jumlah tersebut merupakan gabungan antara vaksinasi dosis pertama dan kedua.

“Dosis pertama baru sekitar 18.140 jiwa, dari target 31.629 jiwa, atau 58,09 persen, belum mencapai target, karena ada ditemui beberapa kendala, salah satunya jumlah vaksin yang terbatas,” ungkapnya, Senin (14/6/2021)

Ia memaparkan dosis kedua baru sekitar 10.807 jiwa dari target 36.605 jiwa, atau 34,17 persen. Berdasarkan angka tersebut Berau belum mencapai Herd Immunity atau kekebalan kawanan.

“Di Berau baru mencapai 20 persen untuk vaksinasi, sedangkan herd immunity skala nasional, adalah 70 persen dari populasi di suatu wilayah,” bebernya.

Iswahyudi menerangkan, saat ini pihaknya fokus terhadap vaksinasi lansia dan juga guru. Mengingat Juli 2021 mendatang, Pendidikan Tatap Muka (PTM) akan segera dilaksanakan.

“Herd immunity ini dapat membantu menekan penyebaran virus ini. Makanya dibantu dengan vaksinasi ini, saat ini target kita akhir tahun semua selesai divaksin,” paparnya.

Iswahyudi mengatakan, pelaksaan vaksinasi sendiri tergantung berapa jumlah vial yang diterima oleh Berau, ia menuturkan, pihaknya tidak bisa memaksa pemerintah pusat guna memberikan dosis lebih ke Berau, karena program vaksinasi ini bersifat nasional.

“Kita tidak bisa memaksa meminta jumlah sekian, semua sudah mendapatkan jatah,” pungkasnya. (nr/sop/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.