60 Anggota BPD di Penajam Yang Baru Dilantik Diberi Pembekalan

Ari B

Dok. Pelantikan Anggota BPD Tahun 2020.

Penajam, helloborneo.com – Sebanyak 60 anggota BPD (badan perwakilan desa) yang baru dilantik pada akhir 2020 di Kabupaten Penajam Paser Utara, diberangkatkan ke Yogyakarta untuk mengikuti kegiatan pembekalan administrasi desa.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurbayah saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa mengatakan, pembekalan terhadap anggota BPD baru bersifat wajib.

“Anggota BPD baru wajib mengikuti pembekalan sesuai Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2020,” ungkapnya.

Pembekalan diberikan agar sebelum mulai bekerja sebagai pendamping pemerintah desa, seluruh anggota BPD yang baru dapat mengetahui tugas dan fungsinya, serta meningkatkan kapasitas.

Pembekalan administrasi desa tersebut dilakukan selama tiga hari bertempat di Balai Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yogyakarta.

“Kegiatan dilakukan secara bertahap bagi seluruh anggota BPD yang baru dilantik, sebanyak 144 orang,” ujar Nurbayah.

Pada tahun ini (2021) pembekalan administrasi desa jelas Nurbayah, diutamakan bagi anggota BPD yang di desanya akan melaksanakan Pilkades (pemilihan kepala desa).

Anggota BPD baru yang diutamakan pada tahun ini di antaranya anggota BPD sumber Sari, Babulu Darat, Rawa Mulia, Gunung Makmur, Babulu Laut dan Sri Raharja.

Kegiatan bukan Bimtek (bimbingan teknis) kata Nurnayah, tetapi lebih kepada pembekalan bagi anggota BPD sesuai tupoksi.

Tupoksi anggota BPD tersebut seperti perencanaan Anggaran Pendapatan Belanja Desa atau APBDes, mengelola laporan desa dan pengawasan.

DPMD Kabupaten Penajam Paser Utara mulai 28 Juni 2021 mengirim 60 anggota BPD baru ke Balai Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Bantul Yogyakarta. (adv/bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.