Pertunjukan Kembang Api Northern Lights Hiasi Langit Amerika Utara

Tun MZ

Pertunjukan kembang api di atas Monumen Washington selama acara "Celebrating America" setelah pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46, di Washington, AS, 20 Januari 2021. (Foto: REUTERS/Tom Brenner)
Pertunjukan kembang api di atas Monumen Washington selama acara “Celebrating America” setelah pelantikan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46, di Washington, AS, 20 Januari 2021. (Foto: REUTERS/Tom Brenner)

Washington DC, helloborneo.com – Pertunjukan kembang api yang tidak ada hubungannya dengan peringatan kemerdekaan AS, tapi justru berhubungan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan alam semesta siap menghiasi langit di sisi utara AS dan Eropa bertepatan dengan Halloween.

Pada Kamis (28/10), matahari melontarkan apa yang disebut sebagai “suar matahari kelas X” yang cukup kuat untuk memicu pemadaman gelombang radio freskuensi tinggi di beberapa bagian Amerika Selatan. Energi dari suar itu diikuti oleh sekelompok plasma surya dan material lain yang disebut coronal mass ejection (CME). Semua itu menuju planet Bumi hingga memicu Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional (NOAA) AS untuk mengeluarkan peringatan tentang badai geomagnetik yang berpotensi kuat.

Fenomena itu mungkin terdengar seperti film fiksi ilmiah, tetapi sesungguhnya fenomena itu berarti sebagian besar sisi utara AS akan disuguhi pertunjukan cahaya yang disebut aurora borealis alias Northern Lights pada akhir pekan ini.

Badai geomagnetik sebesar apa yang akan terjadi dapat menghasilkan tampilan cahaya yang dapat dilihat di garis lintang serendah Pennsylvania, Oregon dan Iowa. Fenomena itu juga dapat menyebabkan ketidakteraturan tegangan pada jaringan listrik lintang tinggi karena hilangnya kontak radio di sisi planet yang diterangi matahari. (voa/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.