8 Sanggar Seni Kabupaten PPU Sabet 4 Juara Tingkat Kaltim

ES Yulianto

Samarinda, helloborneo.com – Malam, 21 November 2021 sejumlah sanggar seni Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyabet 4 kemenangan di ajang Pekan Kreatif Kalimantan Timur. Dari hasil ini diharapkan menjadi pemicu sanggar seni lainnya di Kabupaten PPU untuk bisa meningkatkan kualitas agar bisa bersaing kompetitif hingga ajang Nasional.

Berlangsung di Hotel Mercure, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, sejak 19–21 November 2021, digagas Dinas Parawisata Kalimantan Timur menggelar Pekan Kreatif Kalimantan Timur, beragam kreatifitas pun ditampilkan hingga turut dilombakan di ajang tersebut.

Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten PPU, Agus mengatakan bahwa perwakilan dari Kabupaten PPU sebanyak 8 grup sanggar seni.

“8 grup yg berangkat, Sanggar seni Luar Biasa, Sanggar seni Entero, Sanggar seni Karya Binaan, Sanggar seni Buwen Bawe, Sanggar seni Taka, Sanggar seni Tanjung, Sanggar seni Pertiwi, dan Sanggar seni Botung,” ungkap Agus, (Minggu 21/11/21).

Meski menargetkan juara 1, namun masih perlu perbaikan lantaran juara 1 dan juara 2 masih milik Kota Samarinda. Namun demikian hasil perlombaan cukup memberikan semangat karena berhasil meraih 4 juara. Dari 8 grup perwakilan Kabupaten PPU sebanyak 4 grup meraih juara mulai dari juara 3 hingga juara harapan 3.

“Juara 3 itu diraih oleh Sanggar Seni Pertiwi, lalu juara harapan 1 dari Sanggar Seni Luar Biasa, juara harapan 2 oleh Sanggar Seni Taka, dan terakhir juara harapan 3 jadi milik Sanggar Seni Botung,” jelasnya.

Dari hasil ini pihaknya bersama Sanggar Seni di Kabupaten PPU harus selalu berbenah mulai dari kesiapan sarana prasarana hingga kualitas para pelaku seni bersaing hingga tingkat nasional.

Agus berharap di tengah perkembangan zaman Sanggar Seni yang ada di Kabupaten PPU tetap menggedepankan atau menjadikan kesenian sebagai perahu menggaungkan potensi serta kearifan lokal budaya asal Benuo Taka,

“Kami berharap akan bisa terus membanggakan atau mengenalkan seni tari dari benuo taka. Dan tak akan tinggal diam untuk membawa hal hal baik kepada kesenian yang ada di Kabupaten PPU ini,” tutupnya. (tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.