Upaya Mewujudkan Sekolah Berwawasan Lingkungan di Kawasan Industri

Yor MS

PT. PJB UBJOM Kaltim berupaya mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan di kawasan industri. Ratusan pohon buah ditanam di SDN 21 Balikpapan Barat dan SMPN 21 Balikpapan.
PT. PJB UBJOM Kaltim berupaya mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan di kawasan industri. Ratusan pohon buah ditanam di SDN 21 Balikpapan Barat dan SMPN 21 Balikpapan.

Balikpapan, helloborneo.com – Sedikitnya 100 bibit pohon buah ditanam di halaman SD Negeri 21 dan SMP Negeri 21 yang berlokasi di kawasan industri, Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat, Kaota Balikpapan sebagai upaya mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan di kawasan industri.

Aksi penanaman hampir bersamaan dengan momentum Hari Menanam Pohon Indonesia pada Sabtu tersebut diinisiasi oleh PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) UBJOM Kaltim Teluk, yang beroperasi di wilayah Kelurahan Kariangau, Balikpapan Barat.

Serah terima bibit pohon buah dilakukan oleh GM PT PJB UBJOM Kaltim Teluk, Syarief Andrian kepada Kepala SMP Negeri 21 Doddy Yustus Sulu. 

GM PT PJB UBJOM Kaltim Teluk, Syarief Andrian mengatakan, kegiatan tersebut terakomodir melalui tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR). 

“Kita serahkan kepada pihak sekolah, semoga dapat tumbuh subur dan menjadi rimbun sekolah ini,” ucapnya ketika ditemui helloborneo.com.

Menurut dia, dua sekolah yang berada di kawasan industri tersebut juga memerlukan penghijauan. Apalagi, pihaknya selama ini fokus dengan kedua sekolah yang berlokasi di Teluk Warung, Kariangau seberang itu.

“Ini subjek kami di UBJOM Kaltim Teluk, dan ini potensi menanam pohon makanya kita pilih penanaman pohon di sini. Ke depan kami akan kembangkan ke lokasi lain,” jelasnya.

Kepala SMP Negeri 21 Balikpapan, Doddy mengakui langkah yang dilakukan, yakni penghijauan turut menjadi harapan utama Kepala Dinas Pendidikan seperti disampaikan pada saat peresmian sekolah. 

“Kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi sekali apa yang dilakukan, karena salah satu dari misi sekolah adalah upaya meningkatkan mutu lingkungan demi mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan ,” kata dia.

DLH Kota Balikpapan tidak luput mengapresiasi penanaman pohon yang diinisiasi UBJOM Kaltim. DLH berharap kegiatan ini dapat menginspirasi semua pihak agar turut berperan dalam kampanye penghijauan di Kota Balikpapan, mengingat pula belum lama ini Kota Balikpapan menerima penghargaan selevel ASEAN sebagai Kota Ramah Lingkungan.

“Pemkot sangat mendukung dan mengapresiasi semua pihak yang telah melakukan kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan ini bisa menjadi inspirasi bagi investor, karena langkah ini membantu menjaga ekosistem dan berperan penting untuk mencegah bencana alam,” ucap perwakilan DLH Kota Balikpapan, Sentot Purwandono.

Penanaman disaksikan Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pendidikan, Kapolsek Balikpapan Barat, Danramil 0905-02 Balikpapan Barat, Kecamatan Balikpapan Barat, Lurah Kariangau, LPM Kariangau, perwakilan perusahaan Apical Group dan lainnya. (bp/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.