KONI Kabupaten Berau Pastikan Kesiapan Lokasi Porprov Di Biduk-Biduk

Nita Rahayu

(Ist)

Berau, helloborneo.com – Komite Oahraga Nasional Indonesia atau KONI Kabupaten Berau mematikan kesiapan lokasi atau venue Pekan Olahraga Provinsi atau Porprov Kalimantan Timur 2022 untuk pertandingan dan perlombaan cabang olahraga pantai di Kecamatan Biduk-Biduk.

Ketua KONI Berau, Al Hamid saat ditemui helloborneo.com di Berau, Senin mengatakan, setidaknya ada enam cabor yang akan dipertandingan di Kecamatan Biduk-Biduk di antaranya, voli pantai, korfball pantai, bola tangan pantai, dayung, ski air, dan kabaddi pantai.

“Kami ingin memastikan lokasi venue atau lokasi olahraga pantai itu, strategis untuk pelaksanaan perlombaan dan pertandingan atau tidak,” ujarnya.

“Selain memastikan kesiapan venue cabor (cabang olahraga) pantai, kami juga memastikan beberapa lokasi lainnya jelang persiapan penyelenggaraan Porprov 2022,” tambahnya.

Ia mengatakan dalam kunjungannya ke Biduk-Biduk tidak hanya dari jajaran KONI saja, melainkan juga melibatkan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Berau, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, dan Dinas Perhubungan, serta instansi terkait lainnya.

Menurut dia, lokasi ke enam venue untuk Porprov tersebut harus sudah bisa dipastikan, sehingga tidak sulit untuk melakukan pembenahan atau pembangunan lokasi.

“Venue-venue itu harus lebih dulu disiapkan. Apalagi lokasinya jauh dari ibukota kabupaten, makanya kami melakukan kunjungan melibatkan instansi terkait agar koordinasinya lebih terarah,” jelasnya.

Biduk-Biduk cukup layak menjadi tempat penyelenggaraan untuk keenam cabang olahraga tersebut jelas Al Hamid, berdasarkan lokasi yang ditinjaunya cukup strategis, sebab tujuan utama dilaksanakannya pertandingan Porprov di Biduk-Biduk dimaksudkan untuk mengangkat pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat lokal.

“Selain layak mempertandingkan cabor di sana. Kami juga bisa menjual objek wisata di Biduk-Biduk yang akan menambah kesan dan pengalaman atlet-atlet di Porprov nanti,” ungkapnya.

Setelah melakukan monitoring ke BidukBduk, selanjutnya KONI Kabupaten Berau akan melakukan kunjungan ke Pulau Maratua dan Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan untuk melakukan evaluasi dan monitoring yang sama untuk pertandingan dan perlombaaan cabor triatlon, selam dan layar.

“Segera akan dilakukan kunjungannya itu agar kesiapan kami sebagai tuan rumah Porprov 2022 tingkat provinsi bisa jauh lebih matang,” kata dia. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.