PLN Tambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Kota Samarinda

Keterangan Pers

PT PLN (Persero) bersama stakeholders lakukan konvoi kendaraan listrik, Rabu (26/1) (Dok.PLN)

Samarinda, helloborneo.com – PT PLN (Persero) menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kota Samarinda untuk memudahkan para pengguna kendaraan listrik mengisi ulang daya baterai.

PT PLN (Persero) UIW Kaltimra kembali meresmikan SPKLU dan menggagas konvoi kendaraan listrik di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu.

PT PLN (Persero) terus membuktikan komitmennya mengkampanyekan electrifying lifestyle melalui penggunaan kendaraan listrik.

Saleh Siswanto selaku General Manager PLN UIW Kaltimra menjelaskan melalui keterangan pers tertulis yang diterima helloborneo.com, SPKLU yang terletak di halaman kantor PLN UP3 Samarinda merupakan SPKLU ke dua di Kalimantan Timur.

“Ini adalah peran aktif PLN dalam menyediakan sarana pendukung kendaraan listrik di Indonesia. Kami harap dengan bertambahnya SPKLU dapat mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik,” ujarnya.

Keberadaan SPKLU diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan pemilik kendaraan listrik dalam mengisi daya. Sebab, SPKLU bekerja dengan system fast charging, di mana pelanggan dapat mengisi daya kendaraan dengan waktu relatif lebih cepat.

Pada tahun ini (2022) PT PLN UIW Kaltimra akan terus menambah SPKLU di Tenggarong, Bontang, Berau hingga di Kalimantan Utara untuk membuat ekosistem kendaraan listrik semakin masif.

Kepala Dinas ESDM Kalimantan Timur, Christianus Benny mengatakan, pihaknya menyambut baik dimulainya era kendaraan listrik di wilayah setempat.

“Semakin bertambahnya jumlah pengguna kendaraan bermotor akan meningkatkan polusi udara. Maka sangat penting dilakukan peralihan dari kendaraan bbm menjadi berbahan bakar listrik yang ramah lingkungan,” ucapnya.

Ia meyakini, dengan semakin bertambahnya SPKLU di Kalimantan Timur, maka ekosistem kendaraan listrik akan meningkat.

Setelah peresmian SPKLU, PT PLN (Persero) menggandeng sejumlah stakeholders untuk melakukan konvoi kendaraan listrik. Walikota Samarinda Andi Harun, Kepala Dinas ESDM Kalimantan Timur Christianus Benny, Kapolres Samarinda Kombes Pol Ari Fadly, bersama General Manager PLN UIW Kaltimra Saleh Siswanto membuktikan keunggulan berkendara menggunakan mobil listrik.

Konvoi yang terdiri dari empat mobil listrik, 30 motor dan scooter listrik tersebut merupakan bagian dari program Electrifying Lifestyle yang terus disosialisasikan oleh PT PLN (Persero).

Rute konvoi dimulai dari Kantor PLN UP3 Samarinda-Taman Samarendah-Kantor Pos-Kantor Gubernur-Jembatan Mahakam dan berakhir di Hotel Harris Samarinda

Saleh Siswanto mengatakan konvoi dilakukan untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang keberadaan kendaraan listrik. Saat ini PLN tengah gencar untuk mengenalkan kendaraan listrik agar penggunaannya semakin familiar di kalangan masyarakat.

“Dengan terus mengenalkan kendaraan listrik ke masyarakat kami berharap semakin banyak support untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan kendaraan zero carbon melalui penggunaan energi bersih dan ramah lingkungan,” kata dia.

Konvoi yang digelar di Kota Samarinda merupakan kali kedua gelaran konvoi kendaraan listrik di Kalimantan Timur, setelah sebelumnya dilaksanakan di Balikpapan pada Desember 2021.

“Harapan kami semoga dapat mempercepat penetrasi pasar kendaraan listrik di Indonesia. Semoga ini juga memacu semangat stakeholders di bidang transportasi untuk bersiap mengimplementasikan penggunaan kendaraan listrik untuk digunakan sehari-hari,” ujarnya.

Menurut Walikota Samarinda Andi Harun kendaraan listrik nyaman digunakan karena tidak ada suara.

“Rasanya nyaman berkendara dengan mobil listrik, tidak ada suara, suspensinya juga enak, nyaman digunakan,” jelasnya. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.