Kabupaten Penajam Dapat Bantuan Rp43,7 Miliar Untuk Air Bersih

ES Yulianto

Pelaksanaan tugas Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa diwawancari usai melakukan serah terima bantuan program, Senin (07/02) (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Kabupaten Penajam Paser Utara mendapat bantuan lebih kurang Rp43,7 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk air bersih di Kecamatan Sepaku.

Pelaksanaan tugas Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR agar tidak bosan membantu daerah Ibu Kota Nusantara.

“Air bersih penting untuk masyarakat sehingga program serupa harus tetap berkelanjutan karena menjadi wajib baik bagi pemerintah daerah atau instansi terkait,” ujar Hamdam Pongrewa ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin.

“Keberadaan dan penambahan sejumlah kapasitas penyediaan air bersih ini tentunya menjadi bagian yang penting dan tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari sehingga sudah menjadi kewajiban pemerintah bersama instansi terkait baik dari kementerian PUPR, instansi terkait dan perusahaan air minum danum Taka terus melakukan pemenuhan yang ada termasuk yang saat ini dilanjut dalam sejumlah penyediaan akan air bersih”, kata Hamdam Pongrewa.

Dia berharap agar pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR memberikan bantuan tidak sampai disini dan program apapun kepada masyarakat di Kabupaten Penajam Paser Utara akan selalu mendapatkan dukungan.

“Kami berharap mudah-mudahan tidak bosan bosannya bantuan ke kita untuk di kecamatan sepaku ini. Kami siap dan masyarakatnya disini sangat mendukung,” ujarnya.

Hamdam Pongrewa berharap cakupan air bersih kepada masyarakat di Kecamatan Sepaku bisa tercapai hingga 60 persen dari jumlah penduduk sekitar 38.000 jiwa.

“Minimal 60 persen terlayani selain bantuan dari kementerian kita juga harus sama sama saling membantu meningkatkan pelayanan karena air bersih menentukan kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Direktur Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Air Minum Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Abdul Rasyid mengungkapkan, debit air sudah sampai 30 liter per detik, harus dilakukan guna mengalirkan air bersih hingga rumah jabatan sejauh 17.6 kilometer.

“Kalau yang diresmikan hari ini baru 1.641 sr kita maksimalkan 30 liter perdetik karena memang ada pipa lumayan jauh hingga rumah jabatan 17.6 km memang besar tenaga yang kita pakai ke sana,” kata dia.

Ia menuturkan saat ini ada tiga bantuan yang telah diserahkan, dan kali ini senilai Rp43,7 miliar. Pertama Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM Sepaku untuk kawasan Sepaku, kedua Upranting SPAM IPA Sotek, Kecamatan Sepaku dan ketiga Upranting SPAM IPA Tengin Baru Kecamatan Sepaku.

“DAK keseluruhan Rp16,7 miliar dua item upranting, untuk dan pembangunan jaringan senilai Rp27 miliar dari APBN. Sudah selesai semua ini diserahkan ke pemerintah dahulu nanti pemerintah daerah menyerahkan ke PDAM tapi dengan penyerahan serah terima ini operasional sudah bisa kami lakukan,” jelasnya. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.