Penempatan Pejabat Penajam Hasil “Assessment” Diharapkan Sesuai Kemampuan

ES Yulianto

Situasi pejabat administrator mengikuti uji kompetensi di aula lantai 1 kantor Bupati Penajam Paser Utara (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Penempatan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, hasil “assessment” atau uji kompetensi diharapkan sesuai kemampuan serta kapasitas para pejabat bersangkutan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Penajam Paser Utara Khairudin saat ditemui helloboneo.com di Penajam, Selasa mengatakan, “assessment” menjadi agenda tiga tahun sekali.

Uji kompetensi bagi pejabat tersebut sesuai Undang-Undang ASN dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 26 Tahun 2019 tentang Pembinaan Penyelengaraan Penilaian Kompentensi Pegawai Negeri Sipil.

“Assessment kami lakukan sesuai aturan yang ada baik UU ASN maupun Perka BKN Nomor 26 Tahun 2019,” ujarnya.

Untuk kegiatan uji kompentensi pejabat administrator dilakukan sekitar sepekan dari total 110 pejabat yang dibagi 20 pejabat menjalani uji kompentensi per hari sesuai kondisi pandemi. Dan 13 orang penguji dari luar daerah yakni Provinsi Jawa Timur.

“Dengan sekitar 20 orang pejabat per hari, kami lakukan mulai dari 7 sampai 12 Februari 2022 ada 13 asesor dari Jawa Timur,” jelasnya.

Dari hasil uji kompentensi tersebut, Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa mengharapkan para pejabat bisa menempati jabatan sesuai kapasitas dan kemampuan dalam bekerja.

“Mereka bisa juga memahami bahwa mereka itu sesungguhnya cocok sesuai jabatannya jadi tidak perlu kasak-kusuk melakukan berbagai macam cara sesuatu yang kapasitas dan keterampilannya,” kata dia.

Sebanyak 110 pejabat administrator Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengikuti uji kompentensi sejak 7 hingga 12 Februari 2022. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.