Wakil Bupati yang juga Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa (ESY)

Kabupaten Penajam Segera Isi Jabatan Sekda Dengan Pejabat Definitif

Bagus Purwa

Wakil Bupati yang juga Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa (ESY)
Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, segara mengisi kekosongan jabatan sekretaris daerah atau sekda dengan pejabat definitif.

Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Selasa mengatakan, pemerintah kabupaten akan melaksanakan lelang terbuka untuk jabatan sekretaris daerah.

Jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara sejak 31 Januari 2022 diisi oleh Penjabat dan tidak bisa diperpanjang.

“Berdasarkan aturan masa jabatan Penjabat Sekda hanya tiga bulan, dalam waktu dekat jabatan sekda akan dilelang terbuka,” ujarnya.

“Kalau ada regulasi lain yang mengatur sekda langsung definitif, akan kami definitifkan,” tambahnya.

Pengangkatan sekda definitif lanjut dia, akan mengacu regulasi yang ada karena Penjabat hanya berlaku selama tiga bulan.

Apabila bisa langsung diangkat pejabat definitif menurut Hamdam Pongrewa, maka dilakukan tanpa proses lelang jabatan terbuka.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga memprioritaskan pengangkatan kembali pejabat yang sempat kehilangan jabatan atau atau nonjob.

Bukan hanya mengaktifkan kembali jabatan nonjob jelas dia, lima jabatan eselon II akan dikukuhkan karena secara aturan jabatan yang dipegang di atas lima tahun harus dikukuhkan kembali.

Mutasi dan pengangkatan pejabat eselon II melalui persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN, sedangkan jabatan eselon III hanya melalui persetujuan Gubernur Kalimantan Timur.

“Untuk jabatan eselon II yang masih kosong tunggu sekda definitif karena juga sebagai Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan atau Baperjakat,” kata Hamdam Pongrewa. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.