Pemekaran DOB Kabupaten Paser Terus Digaungkan

TB Sihombing

Audensi dengan Pemerintah Kabupaten Paser meminta dilakukan percepatan DOB Paser Selatan (TBS)

Paser, helloborneo.com – Pemekaran calon DOB (daerah otonomi baru) Kabupaten Paser terus digaungkan dan teranyar dilakukan audensi yang mendorong pemerintah kabupaten setempat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, untuk segera diakukan percepatan DOB itu.

“Ini dalam rangka momen Proglenas (Program Legislasi Nasional) di DPR RI. kita lihat nanti bagaimana tindak lanjut pertemuan akhir Maret atau sampai 5 April 2022,” ujar Sekretaris calon DOB Paser Selatan, Arbain Noor ketika ditemui helloborneo.com di Paser, Senin.

progres atau kemajuan secara nasional, jika dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan telah dilengkapi lanjut dia, secara nasional saat ini tengah menunggu pengesahan dua peraturan pemerintah, yakni turunan dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Yakni PP Desartada (Desain Besar Penataan Daerah) dan Detada (Desain Penataan Daerah). Tapi untuk Paser Selatan sudah masuk di Proglenas. Tinggal bagaimana peran Pemkab dan Pemprov dalam mendorong DOB untuk segera dilakukan percepatan,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Setda) Paser, Katsul Wijaya mengatakan, tentu ada perbedaan bagaimana kondisi daerah dengan 10 tahun yang lalu. Ia bilang terdapat beberapa hal perlu dukung seperti persyaratan administrasi, fisik maupun teknis.

“Untuk memenuhi atau memfasilitasi persyaratan-persyaratan tersebut, tentu kami menyesuaikan dengan aturan yang ada,” ucapnya.

Sampai saat ini belum ada aturan yang dapat dijadikan pedoman secara khusus kata dia, sebelumnya terdapat PP Nomor 78 Tahun 2007 dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 di mana tetap dapat diproses.

“Tetapi ketentuan lebih lanjut kami diminta menunggu peraturan pemerintah desain besar penataan daerah dan desain penataan daerah. Aturan itulah sampai saat ini belum ada,” jelasnya.

Disinggung mengenai dukungan Pemkab Paser dengan pemekaran ini, apalagi satu dari lima kecamatan yang bakal masuk dalam calon DOB Paser Selatan, yakni Kecamatan Batu Sopang. Pasalnya, wilayah itu sangat membantu pendapatan asli daerah (PAD) Paser.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Paser, sekira 73 persen bergantung dari sektor pertambangan sebut dia, kembali melihat hasil kajian karena Terkait bagaimana kabupaten induk tetap berjalan dan DOB bisa berkembang.

“Terkait dengan dukungan pemerintah dalam hal ini kepala daerah dengan DPRD tentu ada hal khusus yang dibicarakan. Tidak terlepas dari hasil kajian kondisi saat ini. Dokumen hasil kajian Itulah nanti sebagai dasar bahan pertimbangan juga di Pemprov maupun Pemerintah Pusat,” ujjarnya.

Pengkajian kembali harus dilakukan tambahnya, mengingat mengalami perbedaan dengan beberapa tahun lalu, dalam waktu dekat bakal membahas bersama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

“Seperti masalah tapal batas, cakupan wilayah dan dukungan wilayahnya. Karena pemekaran ini ada kewajiban kita (Paser induk) menyediakan anggaran, begitupun dengan pemerintah provinsi,” kata dia.

calon DOB Paser Selatan saat didaftarkan sesuai pedoman yang berdasar pada UU Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP Nomor 78 tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Daerah.

Setidaknya lima dari 10 kecamatan di Kabupaten Paser bakal masuk dalam DOB Paser Selatan yang dideklarasikan pada 4 Desember 2012. Yakni, Kecamatan Batu Sopang, Muara Komam, Muara Samu, Batu Engau dan Tanjung Harapan. Rencana letak ibu kota sementara di Kecamatan Batu Sopang.

Untuk batas wilayah DOB Paser Selatan, di bagian utara berbatasan dengan Kabupaten Paser, sisi selatan dengan Kotabaru dan Kabupaten Balangan (Kalsel), barat berbatasan Kabupaten Tabalong (Kalsel) dan Kabupaten Barito Utara (Kalteng), dan sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Paser serta Selat Makassar.

Luas wilayah calon DOB Paser Selatan 5.941 kilometer atau 51,2 persen dari luas Kabupaten Paser yang mencapai 11.603 kilometer. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.