Ribuan Masyarakat Kunjungi IKN Nusantara Tiap Pekannya, Aparatur Setempat Tegaskan Titik Nol Bukan Objek Wisata

Roy MS

Balikpapan, helloborneo.com – Aparatur Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara mengakui bahwa kawasan titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terbuka untuk dikunjungi khalayak umum. Namun demikian, terbukanya kawasan yang akan dibangun Istana Negara itu bukan berarti sebagai objek wisata.

Lokasi Ibu Kota Negara Baru. (Ist)
Lokasi Ibu Kota Negara Baru. (Ist)

Sekretaris Camat Sepaku, Adi Kustaman mengatakan, jumlah masyarakat yang berkunjung ke titik nol IKN Nusantara menunjukan peningkatan signifikan pasca pelaksanaan ritual Kendi Nusantara dan berkemahnya Presiden Joko Widodo, sekitar Maret 2022 lalu. Menurut Adi, meningkatnya jumlah kunjungan ke IKN dikarenakan banyak masyarakat yang penasaran dan sekadar ingin melihat langsung lokasi tersebut.

Gak bisa dibendung, gak bisa kita larang. Kalau itu kita tutup atau larang, rasanya kurang baik juga. Toh sejauh ini juga masih terkendali pengunjungnya,” katanya melalui sambung telepon, Senin (4/4).

Berdasarkan kesepakatan PUPR, Kecamatan, dan aparatur dua desa setempat, terbukanya lokasi pembangunan pusat pemerintahan itu sebatas bertujuan memperkenalkan wilayah kepada khalayak umum. “Sekali lagi, itu bukan tempat wisata,” tegasnya.

Tingginya jumlah pengunjung di IKN Nusantara terutama terlihat saat akhir pekan. Sebagian besar pengunjung memanfaatkan suasana titik nol IKN untuk berswafoto. Menurut pengamatan Adi, jumlahnya bisa menembus angka 1.500 pengunjung.

Selain itu, Adi turut mengungkap bahwa tidak ada pungutan biaya apapun bagi masyarakat yang berkunjung ke lokasi tersebut. Namun demikian, para pengunjung hanya diminta mencatat data-data identitas yang penting serta nomor telpon.

“Pas di pos nanti kita tanya tujuannya apa dan dari mana. Identitasnya ditinggalkan dan nomor telponnya juga. Supaya kalau ada barang yang ketinggalan, ada nomor yang bisa dihubungi. Banyak tas ketinggalan, handphone ketinggalan, nah kan enak bisa kita hubungi nomor handphonenya” pungkasnya. (yor)




2 thoughts on “Ribuan Masyarakat Kunjungi IKN Nusantara Tiap Pekannya, Aparatur Setempat Tegaskan Titik Nol Bukan Objek Wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.