Penjabat Sekda Penajam Minta SKPD Lengkapi Dokumen Belanja 2021

ES Yulianto

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar meminta seluruh SKPD (satuan kerja perangkat daerah) untuk melengkapi dokumen belanja Tahun Anggaran 2021.

Hasil reviu Inspektorat Kabupaten Penajam Paser Utara menurut Tohar, saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Rabu, utang pemerintah kabupaten kepada pihak ketiga lebih kurang Rp271 miliar.

Dari Rp271 miliar tersebut masih ada dokumen yang belum lengkap lanjut dia, dan dokumen tidak ada namun pekerjaan sudah terealisasi.

SKPD atau OPD (organisasi perangkat daerah) diminta untuk segera melengkapi dokumen yang  belum lengkap hingga yang tidak ada dokumennya.

“Supaya tidak jadi persoalan, SKPD diberikan waktu untuk melengkapi, menyediakan secara lengkap beberapa paket pengerjaan yang dinilai oleh inspektorat tidak ada bukti dokumen. Pekerjaan sudah ada tapi bukti atau dokumen tidak ada,” ujarnya.

Langkah selanjutnya utang kepada pihak ketiga akan menjadi pembahasan secara internal Tim Anggaran Pemerintah Daerah atau TAPD, kemudian bakal merumuskan kebijakan yang akan menjadi solusi yang harus sejalan dengan pihak legislatif (DPRD).

“TAPD akan meracik bahan kebijakan dan politik anggaran ke depan dan harus berjalan dengan DPRD karena belum dimasukkan dalam program belanja 2021,” ucapnya.

Dalam pembahasan TAPD, akan bersama-sama mengkaji kemampuan anggaran pemerintah kabupaten hingga melihat proyeksi pendapatan pada 2022.

“Caranya kami melakukan diagnosis kapastisas fiskal kalau memang ada kecenderungan melebihi pendapatan pada 2022 dari yang proyeksikan saat 2021 akan cicil kalau tidak jangan,” jelasnya.

Solusi lainnya ada kemungkinan dilakukan pelunasan sesuai kemampuan daerah melalui anggaran pendapatan dan belanja perubahan 2022.

“Kalau tidak ada pendapatan bertambah dari APBD murni yang kami tetapkan sekarang kemungkinan pintu perubahan bisa kami agendakan dicicil,” kata Tohar. (adv/bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.