Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa. (ESY)

Kabupaten Penajam Bentuk Komite Ekonomi Kreatif Bagi Pelaku Usaha

Bagus Purwa

Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa. (ESY)
Plt Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Kabupaten Penajam Paser Utara, membentuk Komite Ekonomi Kreatif sebagai wadah bagi para pelaku usaha untuk pengembangan hasil karya atau produksi di daerah itu.

Komite Ekonomi Kreatif, menurut Pelaksana tugas Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam Pongrewa saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Jumat, sebagai tempat mencurahkan segala bentuk kendala yang dihadapi para pelaku usaha.

Menjelang pemindahan ibu kota negara ke wilayah Kalimantan Timur perlu dilakukan peningkatan sumber daya manusia seluruh lapisan masyarakat, termasuk pelaku usaha ekonomi kreatif.

Komite Ekonomi Kreatif perlu dibentuk  agar pelaku usaha ekonomi kreatif memiliki wadah untuk pengembangan hasil karya atau produksi.

Struktur Komite Ekonomi Kreatif tersebut terdiri atas unsur Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara dan para pelaku usaha di daerah berjuluk “Benuo Taka” tersebut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara telah diinstruksikan untuk menyusun perangkat pembentukan Komite Ekonomi Kreatif.

“Kami sudah minta Disbudpar untuk menyusun perangkat pembentukan Komite Ekonomi Kreatif itu,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser juga berupaya mengembangkan pariwisata yang sampai saat ini belum memperlihatkan kemajuan yang positif.

Sejauh ini kontribusi pariwisata terhadap PAD (pendapat asli daerah) maupun pertumbuhan jumlah wisatawan tidak terlihat begitu baik.

Padahal banyak potensi wisata yang bisa dimaksimalkan dan tentunya bisa memberikan kontribusi terutama dalam pendapatan Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Harus ada langkah konkret yang diambil untuk pengembangan pariwisata sebagai salah satu persiapan sambut ibu kota negara Indonesia yang baru,” kata Hamdam Pongrewa. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.