Warga Desa Babulu Darat dan Laut Kabupaten Penajam Nikmati Air Bersih

Bagus Purwa

Pelaksana tugas Kepala Dinas PUPR Kabupaten Penajam Paser Utara, Riviana Noor (NBP)

Penajam, helloborneo.com – Warga Desa Babulu Darat dan Babulu Laut, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara, bisa menikmati air bersih setelah instalasi pengolahan air bersih (water treatment plant/WTP) di daerah itu dioperasikan.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Penajam Paser Utara, Riviana Noor saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Senin, mengatakan Desa Babulu Darat dan Babulu Laut diprioritaskan segera mendapatkan layanan air bersih.

“Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara memperluas pemenuhan kebutuhan air bersih dengan membangun instalasi pengolahan air bersih di Kecamatan Babulu,” ujarnya.

Ditargetkan instalasi pengolahan air bersih atau WTP di Kecamatan Babulu tersebut dioperasionalkan pada akhir tahun ini (2022).

Selain Desa Babulu Darat dan Babulu Laut, Desa Gunung Intan sebagai lokasi pembangunan WTP tersebut juga bakal segera mendapatkan layanan air bersih setelah WTP beroperasi.

Desa Babulu Darat dan Babulu Laut menjadi prioritas mendapatkan layanan air bersih daripada desa lainnya di Kecamatan Babulu, menurut dia, karena di daerah itu sangat sulit mendapatkan air bersih.

Desa Babulu Darat dan Babulu Laut berada di wilayah pantai sehingga kualitas air tanah di kedua desa tersebut tidak terlalu bagus.

“Babulu Laut dan Babulu Darat prioritas karena berada di wilayah pantai, jadi tidak bisa manfaatkan air tanah,” ucapnya.

Setelah Desa Babulu Laut, Babulu Darat dan Gunung Intan jelas dia, maka selanjutnya desa-desa lainnya di Kecamatan Babulu juga akan dapat layanan air bersih.

Diharapkan masyarakat Kecamatan Babulu bisa menikmati air bersih dari Perusahaan Umum Daerah atau Perumda Air Minum Danum Taka, dengan keberadaan WTP di daerah itu.

Daerah lainnya yang belum mendapatkan layanan air bersih dari Perumda Air Minum Danum Taka, kata Riviana Noor, akan diupayakan dengan kemampuan keuangan pemerintah kabupaten. (bp)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.