Eksplorasi Pemuda PPU, Pea Bai Ke-3 Gelar Lomba Sastra

ES Yulianto

Komunitas Gemar Belajar (Gembel) Kabupaten Penajam Paser Utara. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Komunitas Gemar Belajar (Gembel) Kabupaten Penajam Paser Utara kembali berkontribusi terhadap tanah Benuo Taka. Pea Bai 3 kali ini dibalut dengan lomba sastra untuk kalangan umum, Sekolah Menengah Pertama Sederajat hingga Sekolah Menengah Atas Sederajat akan digelar

Ketua panitia Pea Bai 3, Akhmad Ali Ilhamdani mengatakan agenda Komunitas Gemar Belajar Kabupaten Penajam Paser Utara yang dinamai Pea Bai berupa lomba sastra seperti Lomba Puisi, Lomba Musikalisasi dan Lomba Penghafal Biografi Pahlawan Nasional.

Direncanakan lomba sastra berlangsung jumat 12 Agustus 2022 dan pendaftaran peserta gratis hingga Rabu 10 agustus 2022.

Adapun tujuan dari kegiatan ini bertujuan sebagai pemantik semangat anak muda di Kabupaten Penajam Paser Utara pada dunia literasi.

“Agenda kegiatan dari Komunitas Gemar Belajar Kabupaten Penajam Paser Utara. Nama kegiatannya Pea Bai ketiga adalah kegiatan yang dibungkus agar menarik sedemikian rupa. Utamanya untuk memantik semangat literasi anak muda Penajam Paser Utara,” Akmad Ali Ilhamdani, senin (08/08).

Gerakan ini memiliki tujuan jangka panjang berupa untuk menyiapkan sumber daya manusia yang bisa memiliki daya saing guna menghapai perpindahan Ibu Kota Negara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Jangka panjangnya mempersiapkan sumber daya manusia yang cukup menghadapi ibu kota negara,” tuturnya.

Kegiatan seperti ini bagi Akhmad Ali harusnya bisa menjadi wadah bagi anak muda untuk bisa mengeksplor kemampuan dan pemahaman dalam literasi.

Sejauh ini dari pandangannya kemampuan anak muda soal literasi telah cukup namun perlu adanya wadah sebagai sarana mengeksperikan diri.

“Anak muda sudah paham literasi, namun wadah dan keberanian untuk mengeksplorasi itu yang sangat langkah. Kalau kompentensi cukup sisa bagaimana dia menyalurkan. Dari kegiatan ini kita-kita juga berharap mampu memantik keberanian dan semangat menyuarakan melalui literasi,” pungkasnya.

Sejauh ini pihak yang telah berkolaborasi yakni Umak Communal Space, Roeang Lovie, media massa helloborneo.com, JNJ Vape Store, Capital Barbershop, Bintang Muda Indonesia Kalimantan Timur, Maccarinna Cafe, Suka Vespa PPU, Jon Brother’s Shoescare, Risolk, Zuppasoup Oma Ani, Bengkel Artomoro, Tiga Kofe Eetcafe dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dukungan atau sponsor dalam kegiatan ini tidak terbatas. Sehingga diharapkan banyak pihak yang bisa berkontribusi dan berkolaborasi.

“Pihak lainnya juga bisa ikut terlibat karena ini kegiatan kolaborasi untuk kepentingan anak muda penajam paser utara,” imbuhnya. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.