Bunda Literasi Petung Berencana Sasar Usia Dini Tingkatkan Literasi

Edy Suratman Yulianto

Bunda Literasi Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Patimah (kanan). (Ist)
Bunda Literasi Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, Patimah (ESY)

Penajam, helloborneo.com – Bunda Literasi Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Patimah mendukung adanya peningkatan literasi bagi masyarakat di wilayah Kelurahan Petung.

Menurut Patimah, literasi tidak hanya menyasar kaum dewasa yang sudah benar-benar bisa membaca dan menulis. Namun adanya sasaran pengembangan peningkatan literasi juga harus dimulai sejak dini.

Kegiatan Literasi Digital, perlu dikenalkan kepada anak usia dini, dengan maksud mengedukasi media pembelajaran tidak hanya berfokus pada media buku, tetapi juga menggunakan media digital sebagai sarana mendapatkan informasi, belajar, berhitung, atau pun bermain.

“Kita sadar kalau melek literasi itu tidak hanya kepada orang dewasa, yang sudah bisa baca. Kita juga harus membantu anak-anak untuk melek literasi,” kata Patimah.

Ditengah era teknologi yang semakin berkembang, penanaman kegemaran dan budaya literasi menjadi cukup berat. Oleh karena itu dibutuhkan hadirnya Bunda Literasi sebagai sosok ibu yang menjadi teladan di keluarga dan masyarakat sekitar.

“Peran Bunda Literasi sama seperti seorang ibu dalam keluarga. Sosok ibu ini akan menjadi peran sentral dalam memberi contoh kepada anak guna membangun karakter anak sebagai generasi penerus. Kami berharap Bunda Literasi bisa menjadi motivator,” ujarnya.

Selain berupaya membudayakan gemar membaca, peran Bunda Literasi mengasah kepercayaan diri kader Bunda Literasi dan pelajar, termasuk kemampuan untuk mengembangkan ide, mengemukakan pendapat dan kesanggupan untuk mendengarkan ide dan pemikiran orang lain.

“Semoga kegiatan kami nantinya bisa menjadi panutan sekaligus contoh untuk masyarakat sekitar agar gemar membaca dan bisa menghasilkan sesuatu bernilai ekonomi dari hasil bacaannya,” pungkasnya. (adv/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.