Polres PPU Ciptakan Rasa Aman dan Nyaman Malam Tahun Baru 2024

Penajam, helloborneo.com – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan apel gelar Pasukan Pengamanan Malam Tahun Baru 2024, di halaman Mapolres PPU, Minggu sore (31/12/2023).

Apel berlangsung dengan khidmat dipimpin oleh Wakapolres PPU Kompol Bergas Hartoko dan dihadiri Kapolres PPU AKBP Hendrik Eka Bahalwan, Komandan Kodim (Dandim) 0913/PPU Letnan Kolonel Inf Arfan Affandi Komandan Pos Angkatan Laut (POSAL) Penajam Peltu Mes Suharsono, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) PPU, Margono Hadi Susanto serta para peserta apel yang hadir.

Dalam amanatnya Wakapolres PPU Kompol Bergas Hartoko mengatakan apel kesiapan perlu dilaksanakan untuk mengecek kesiapan dalam melakukan pengamanan kepada masyarakat yang akan merayakan Tahun Baru 2024 dan melaksanakan pengamanan sebagaian umat nasrani yang melaksanakan ibadah di gereja.

“Langkah pengamanan secara komprehensif dari Polri, didukung oleh TNI dan instansi terkait serta seluruh komponen masyarakat agar pelaksanaan perayaan malam tahun baru dan ibadah di gereja-gereja ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ungkapnya.

Lanjut Bergas mengatakan meningkatnya mobilitas dan intensitas kegiatan masyarakat, terutama di tempat ibadah, jalan protokol, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, obyek wisata, serta jalur lalu lintas lainnya, hal ini berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) seperti terjadinya tindak pidana, terjadinya kemacetan arus lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas di jalan.

“Sasaran pelaksanaan pengamanan ini, selain menitikberatkan pada antisipasi berbagai potensi gangguan kamtibmas dan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang dapat mengganggu perayaan tahun baru 2024,” jelasnya.

Bergas menambahkan mengantisipasi adanya ancaman terorisme hal ini dibuktikan masih adanya sel-sel terorisme. Ada beberapa oknum yang terindikasi jaringan terorisme yang sudah diamankan di daerah Jawa.

“Dengan diselenggarakan apel kesiapan pengamanan ini merupakan wujud nyata komitmen Polres PPU dan seluruh stakeholder terkait dalam memelihara situasi kamtibmas tetap kondusif,” ucap Wakapolres PPU.

Wakapolres PPU berpesan kepada peserta apel, cara bertindak dalam melaksanakan pengamanan dan patroli yaitu melaksanakan “pam”(pengamanan) terbuka dan tertutup guna menjamin rasa aman masyarakat yang melaksanakan perayaan malam tahun baru serta masyarakat yang melaksanakan kegiatan ibadah di gereja.

Melaksanakan giat patroli di pemukiman penduduk dengan memperhatikan jam-jam rawan kriminalitas dan pemberdayaan siskamling dengan libatkan partispasi masyarakat.

“Melakukan rekayasa arus lalin dan pengalihan arus bila diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas yang dikoordinasi dengan instansi terkait lainnya, dan melakukan “gakkum” terhadap tindak pidana yang terjadi dan berpotensi dapat mengganggu siskamtibmas dalam perayaan malam tahun baru 2024,” pungkasnya. (kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.