Jelang Pemilu, ASN Kabupaten Balangan Diminta Jaga Netralitas

Sosialisasi Netralitas ASN di Kabupaten Balangan menuju Pemilu 2024. (Ist)
Sosialisasi Netralitas ASN di Kabupaten Balangan menuju Pemilu 2024. (Ist)

Balangan, helloborneo.com – Menjelang pemilu yang tinggal menghitung hari, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Balangan menggelar sosialisasi netralitas ASN, di Aula Benteng Tundakan, Kecamatan Paringin Selatan, Selasa (6/2/2024).

Hal tersebut dilakukan mengingat tingginya angka pelanggaran netralitas ASN yang tercatat oleh Bawaslu dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada tahun 2019 hingga 2020.

Oleh karena itu, penting bagi seluruh ASN di Kabupaten Balangan untuk mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku serta menjaga netralitas sebagai abdi negara.

Hadir pada acara Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Balangan, Tuhalus, dalam arahannya sangat menekankan kepada seluruh ASN di Kabupaten Balangan untuk menjaga netralitas pada pemilu 14 Februari nanti.

Terlebih, ASN tidak boleh menunjukkan keberpihakan pada kandidat atau partai yang menjadi peserta pemilihan umum. Sehingga perlu adanya pengawasan terhadap ASN untuk tetap menjaga netralitas sebelum dan sesudah masa kampanye.

Sementara itu, narasumber dari Bawaslu Kabupaten Balangan, Mizwar Ilhamy, menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu tugas Bawaslu dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap keterlibatan ASN akan netralitas pada penyelenggaraan pemilu.

Mizwar menambahkan, Bawaslu juga memiliki fungsi untuk melakukan pencegahan dan penegakan hukum terhadap temuan dan laporan atas dugaan pelanggaran netralitas ASN.

Terakhir mewakili Bawaslu Kabupaten Balangan, Mizwar mengimbau kepada seluruh ASN baik itu TNI-Polri untuk tidak ikut serta dalam kampanye yang dilakukan oleh partai politik.

“Kami berharap semua ASN di Kabupaten Balangan dapat bekerja sesuai dengan aturan dan tidak memberikan dukungan berpihak kepada salah satu calon maupun pasangan calon di Pemilu 2024,” harapnya. (ip/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.