Lepas Mahasiswa KKN-PPM UGM, Tohar Berharap Pengalaman Berharga dan Dedikasi Mahasiswa

Pelepasan mahasiswa KKN Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) UGM Periode 4 Tahun 2023. (Ist)
Pelepasan mahasiswa KKN Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) UGM Periode 4 Tahun 2023. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Drs. H. Tohar, MM, melepas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) Universitas Gajah Mada (UGM) Periode 4 Tahun 2023, di Aula Lantai III Setkab PPU, Rabu (07/02/24).

Dalam sambutannya Sekda Tohar menyampaikan bahwa kegiatan KKN-PPM UGM ini penting sebagai bagian tak terpisahkan dari prasyarat penyelesaian studi S1.

“Medan tugas di lapangan adalah pengalaman sesungguhnya bagi rekan-rekan mahasiswa. Di sana, rekan-rekan mahasiswa dapat menerapkan program-program dan mengetahui kekayaan budaya yang berbeda dengan daerah Jawa,” ungkapnya Tohar.

Sementara itu, perwakilan KKN-PPM UGM dari Desa Sesulu, Samuel, menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan belajar yang diberikan, khususnya di masyarakat desa Sesulu.

“Kami mendapatkan pengalaman baru dan merasa memiliki pengalaman serta keluarga baru di Desa Sesulu”, ujar Samuel.

Perwakilan KKN-UGM tersebut juga menyampaikan laporan pelaksanaan KKN di dua desa tersebut, diantaranya Program Kampung Iklim, UGM Mengajar, Digitasin dan Pemetaan, Festival Neng Kuat Budaya Agama, Beach Clean Up, Pembuatan Nugget Ikan, Pembuatan Lampu Panel Surya, Penanaman Bibit, dan Sosialisasi Pembuatan Pupuk. 

Sekda Tohar menyambut baik laporan pelaksanaan KKN-PPM UGM.

“Pemerintah daerah menyampaikan apresiasi tinggi atas dedikasi dan kerja keras mahasiswa UGM. Semua program ini tidak hanya memberikan manfaat langsung kepada masyarakat desa, tetapi juga menjadi langkah konkret dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan,” ujar Tohar.

Sekda Tohar berharap bahwa hasil kerja keras mahasiswa UGM dalam program KKN ini akan menjadi landasan kuat untuk menjalin hubungan yang baik dan berkelanjutan antara perguruan tinggi dan masyarakat desa, menciptakan dampak positif yang berkesinambungan. (adv/hms/kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.