Makmur Marbun Ikuti Groundbreaking PSN di IKN

Pembangunan Kantor Bank Mandiri Digital Services di IKN. (Ist)
Pembangunan Kantor Bank Mandiri Digital Services di IKN. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Pj Bupati Penajam Pase Utara (PPU) Makmur Marbun mengatakan, pihaknya bersyukur dapat mendampingi langsung presiden dalam melakukan groundbreaking sejumlah proyek strategis nasional (PSN) di kawasan IKN tersebut. 

Kehadirannya, sebagai bentuk Pemerintah Kabupaten PPU mendukung secara penuh terhadap pembangunan IKN di wilayahnya. 

“Saya bersyukur dapat mendampingi langsung Bapak Presiden Joko Widodo dalam melaksanakan groundbreaking sejumlah proyek strategis nasional di wilayah IKN,” kata Makmur Marbun usai mendampingi langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan pelatakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah proyek strategis nasional di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU pada Kamis (29/2/2024). 

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo pada acara tersebut menyatakan apresiasinya terhadap pembangunan kantor Bank Mandiri tersebut. Kantor tersebut khusus untuk layanan digital.

“Saya senang Bank Mandiri segera akan memulai pembangunan kantor khusus untuk Digital Services. Karena saya tahu Livin’ by Mandiri sudah 23 juta, sangat gede sekali,” ujar Joko Widodo saat memberikan sambutan.

Dia menambahkan, nantinya hal tersebut dapat terus berkembang serta ikut mendorong perluasan ekosistem digital di tanah air.

“Bayangan saya nanti juga kalau ekosistem digital yang ada di sini sudah terbangun akan mendatangkan digital nomad yang ada di Nusantara kita maka kota ini akan beda dengan kota-kota lain di dunia,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, Digital Services Bank Mandiri di IKN akan berlokasi di Pusat Layanan Perbankan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Kantor Bank Mandiri ini akan dibangun dengan konsep hijau atau ramah lingkungan dan berbasis digital, sesuai dengan visi IKN sebagai kota cerdas dan berkelanjutan.

“Kami berharap dengan hadirnya Digital Services di IKN, dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi dan sosial di IKN, terutama dalam proses transisi dari ibukota saat ini agar dapat berjalan lancar dan sesuai harapan,” kata Darmawan dalam sambutannya.

Darmawan menjelaskan, pihaknya juga berkomitmen untuk ikut mengembangkan ekosistem jasa keuangan di IKN, bersama dengan lembaga negara dan swasta lainnya yang turut berpartisipasi dalam Digital Services rencananya akan terdiri dari 2 lantai dengan luas bangunan kurang lebih sebesar 2.000 meter persegi. 

Secara desain, bangunan ini akan berbentuk fluid yang menyimbolkan keselarasan bangunan Digital Services dengan lingkungan sangat asri di Ibu Kota Nusantara.

Selain itu, desain bangunan Digital Services akan mengusung konsep sustainability dan ramah lingkungan, dimana solar panel akan berfungsi sebagai salah satu sumber energi.

Bank Mandiri juga membawa tiga inovasi digitalnya, yakni Super App Livin’ by MandiriWholesale Super Platform Kopra by Mandiri dan Smart Branch by Mandiri ke IKN untuk mempermudah kebutuhan finansial masyarakat. Livin’ telah mencatat lebih dari 18.000 transaksi per detik dan Kopra by Mandiri untuk nasabah wholesale kini mampu memproses lebih dari Rp 1.900 triliun transaksi per detik hingga akhir 2023.

“Hal ini juga menjadi nilai tambah bagi masyarakat, dengan kehadiran Livin’ dan Kopra by Mandiri, masyarakat maupun nasabah kini dapat membuka rekening Tabungan, Giro, Deposito, dan melakukan transaksi finansial non tunai untuk individu atau badan usaha, kapan saja dan di mana saja,” ungkapnya. 

Darmawan juga menambahkan, PT Mandiri Digital Services akan dibangun diatas lahan seluas 1,28 hektare. Menurut dia, tempat ini akan menjadi pelopor one-stop-financial solution di IKN dengan memberikan pelayanan terbaik secara digital dan offline. 

“Yang didukung oleh kehadiran Smart Branch by Mandiri, fasilitas Smart Priority Lounge, auditorium, Co-working Space hingga SPKLU untuk kendaraan ramah lingkungan guna mendukung segala aktivitas masyarakat di IKN,” jelas dia.

Diketahui, Proyek tersebut antara lain pembangunan gedung Bank Mandiri Tbk, Gedung Bank Negara Indonesia (BNI) dan gedung Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang ketiganya berada di kawasan IKN Sepaku. 

Salah satu titik pelaksanaan groundbreaking orang nomor satu di tanah air itu adalah pembangunan Bank Mandiri, atau kantor berbasis digital bertajuk Mandiri Digital Services di kawasan IKN. Kegiatan ini ditandai dengan pemencetan tombol secara bersama yang menandakan proyek ini telah dimulai. (adv/hms/kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.