Keterbukaan Informasi Publik Merupakan Hak Asasi Warga Masyarakat

Sekda Kabupaten PPU, Tohar. (Ist)
Sekda Kabupaten PPU, Tohar. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Tohar mengungkapkan, informasi merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap orang sebagai pengembangan pribadi dan lingkungan sosial serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional.

Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi merupakan salah satu ciri penting negara demokrasi yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Dikatakan Tohar, dengan UU tersebut telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang dalam memperoleh informasi dimana setiap badan publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani permohonan publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan secara sederhana.

Ia juga menyampaikan bahwa tujuan UU keterbukaan Informasi Publik adalah menjamin hak atas dasar informasi. Karena hak informasi adalah bagian dari HAM dan keterbukaan informasi adalah sarana utama dalam pencengahan korupsi.

Selanjutanya dirinya menjelaskan bahwa mengapresiasi adanya kompetensi wartawan adalah kemampuan wartawan untuk memahami, menguasai dan menegakkan profesi wartawan serta kewenangan untuk menentukan sesuatu di bidang kewartawanan.

“Hal ini tentu saja menambah nilai dari informasi yang dihasilkan dan disebarkan,” pungkasnya. (adv/kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.