Tohar Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024

Sekda Kabupaten PPU, Tohar (Berblankon). (Ist)
Sekda Kabupaten PPU, Tohar (Berblankon). (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di aula lantai I Kantor Bupati PPU, Kamis (2/5/2024). Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Tohar memimpin upacara tersebut yang diikuti oleh perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU, para kepala perangkat daerah, dan para guru sekolah di lingkungan Kabupaten PPU.

Peringatan Hardiknas Tahun 2024 ini mengangkat tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar.” Dalam kesempatan tersebut, Sekda PPU Tohar menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Ia menyebut perjalanan gerakan Merdeka Belajar dalam lima tahun terakhir bukanlah hal yang mudah. Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 juga mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis. 

“Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang dibangun melalui gerakan Merdeka Belajar. Hal ini memicu anak-anak Indonesia untuk berani bermimpi karena merasa merdeka saat belajar di kelas. Selain itu, para pengajar juga berani mencoba hal-hal baru karena kepercayaan untuk mengenal dan menilai anak didiknya.

“Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” pungkasnya.

Dalam peringatan ini, diserahkan pula penghargaan kepada Bankaltimtara atas partisipasi peningkatan sumber daya manusia bidang pendidikan, penghargaan kepada SMPN 1 PPU sebagai Sekolah Inspiratif Pencegahan Perundungan Tingkat Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, penghargaan kepada SDN 013 Penajam sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, penghargaan kepada M. Wildan Fahmi dari SDN 013 Penajam sebagai Juara 1 Tahfiz Surah Al-Baqarah Putra Tingkat Provinsi Kalimantan Timur, dan penghargaan kepada Asnan dari SDN 005 Penajam Filial sebagai Guru Berdedikasi Mengabdi di Sekolah Terpencil Tingkat Kabupaten PPU. (adv/kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.