Upacara Penyambutan Peserta Latsitardanus, Makmur Marbun Perkenalkan Salam ‘Ise Kabar Taka’

Upacara Penyambutan Peserta Latsitardanus. (Ist)
Upacara Penyambutan Peserta Latsitardanus. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun memperkenalkan salam “Ise Kabar Taka” kepada ratusan peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIV/2024 Yontarlat Kijang di Kabupaten PPU.

Perihal itu disampaikan Makmur Marbun saat memimpin upacara penyambutan peserta Latsitardanus XLIV 2024 Yontarlat Kijang di Kabupaten PPU yang digelar di lapangan depan kantor bupati PPU, Selasa, (7/5/2024) siang.

“Ise Kabar Taka yang artinya apa kabar kita, dan dijawab Buen dalam artian baik sebagai salam khas dari Tanah Paser, khususnya di Penajam Paser Utara,” kata Makmur Marbun membuka sambutannya.

Menurutnya, salam tersebut telah menjadi budaya di daerah. Dirinya juga berharap salam Ise Kabar Taka nantinya bukan hanya dikenal sebagai tradisi masyarakat PPU, tetapi salam ini bisa terus-menerus menjadi budaya yang tidak akan hilang, baik dalam acara pemerintahan maupun budaya sehari-hari.

“Salam ini harus kita budayakan bukan hanya pada kegiatan pemerintah tetapi diharapkan dalam kehidupan masyarakat PPU sehari-hari juga dibudayakan,” ucapnya.

Sementara itu dalam kesempatan ini Makmur Marbun juga mengatakan bahwa sebagai salah satu tuan rumah Latsitardanus di Kalimantan Timur (Kaltim) pemda PPU berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta, pembina dan pelatih yang hadir di wilayahnya.

Pemda PPU sambung dia, juga telah berupaya maksimal untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, fasilitas yang memadai, serta memastikan bahwa setiap peserta dapat mengambil manfaat sebesar-besarnya dari kegiatan ini.

“Kami sangat mendukung setiap upaya yang bertujuan untuk mengembangkan kegiatan Latsitardanus ini. Kegiatan ini adalah identitas kita sebagai bangsa Indonesia, dan melalui kegiatan ini kita dapat memperkuat eksistensinya sebagai bagian tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Direktur Produk Hukum Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri ini juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pelatih, pembina, dan peserta yang telah bekerja keras untuk menjadikan Latsitardanus menjadi sukses.

Tanpa dedikasi dan kerja keras semua tambah nya, prestasi besar ini tidak akan terwujud dan acara ini tidak akan mencapai tingkat keberhasilan yang di harapkan.

“Kepada para peserta, saya harap kalian terus menginspirasi dengan semangat dan kegigihan kalian. Jadilah agen perubahan yang membawa harapan dan kemajuan bagi bangsa dan negara ini,” pesannya.

Dalam kegiatan ini tampak hadir jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten PPU, tampak Kapolres PPU AKBP Supriyanto, Dandim 0913 PPU Letkol Arfan Affandi, Sekda PPU, Tohar dan sejumlah pejabat terkait lainnya. (adv/kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.