Pangdam VI/Mlw Tinjau Proyek Desalinasi Air Peserta Latsitardanus XLIV di Kukar

Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo. (Ist)
Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo. (Ist)

Kutai Kartanegara, helloborneo.com – Dandim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr), Letkol Czi Damai Adi Setiawan sambut rombongan Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo dalam rangka meninjau proyek Desalinasi air yang berada di KM. 14 Gang Heram RT. 03 Kelurahan Loa Ipuh Darat Kecamatan Tenggarong, kabupaten Kukar. Sabtu 25/5/24.

Dalam kunjungan tersebut juga turut dihadiri Kasdam VI/Mlw, Brigjen TNI Bayu Permana, Kasrem 091/Asn, Kolonel Inf. Priyanto Eko Widodo, Dosen Unhan Kolonel Arm Ferdinan Hasibuan serta para perwira Kodim 0906/Kkr dan peserta Latsitarda Nusantara XLIV.

Pangdam VI/Mulawarman saat meninjau langsung proyek Desalinasi menyampaikan apresiasinya kepada para peserta Latsitarda yang telah memberikan suatu inovasi berupa pengolahan air yang berasal dari air bekas (eks) tambang menjadi air yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

“Terimakasih kepada para peserta Latsitarda yang telah berhasil mengaplikasikan ilmu pengetahuannya dengan membangun tempat pengolahan air bekas tambang ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi warga”, tuturnya.

“Jadikan moment latihan ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, tetap semangat jaga kekompakan serta jaga kesehatan selama melaksanakan kegiatan Latsitarda ini”, ujar Pangdam.

Salah satu dosen Unhan, Dian memberikan penjelasan kepada Pangdam dan rombongan tentang proses Desalinasi air bekas tambang agar bisa digunakan oleh warga masyarakat dimana awal air memiliki PH 2 sekarang sudah menjadi 7,2 sehingga sudah layak untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

“Sebelum melalui proses Desalinasi ini air tersebut tidak bisa digunakan oleh masyarakat sekitar karena tidak memenuhi standar air bersih. Sekarang dengan PH 7,2 maka air ini sudah layak untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat sehari hari,” ujarnya.

Usai melakukan peninjauan, Pangdam VI/Mlw, Mayjen TNI Tri Budi Utomo juga berkesempatan memberikan tali asih kepada peserta Latsitarda Nusantara XLIV yang telah selesai mengerjakan proyek Desalinasi air eks tambang di Kelurahan Loa Ipuh Darat. (log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.