Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun. (Ist)

Makmur Marbun Sampaikan Sambutan Dihadapan Ratusan Jamaah Solat Iduladha

Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun. (Ist)
Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun. (Ist)

Penajam, helloborneo.com – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menyampaikan sambutan dihadapan ratusan jamaah solat Idul Adha1445 H Tahun 2024 di Masjid Agung Al-Ikhlas, Kilometer 08 Nipah-nipah, Senin, (17/6/2024) pagi.

Dalam sambutannya Makmur Marbun mengatakan bahwa Idul Adha merupakan hari kemenangan yang dirayakan seluruh umat Islam yang didalamnya terkandung nilai kepatuhan dan keikhlasan saat menjalankan perintah TuhanYang Maha Kuasa.

Keteladanan spirit pengorbanan yang diajarkan oleh Nabi Ibrahim menjadi salah satu momen terbesar untuk diikuti oleh umat Islam, dimana dalam menjalankan perintah sang pencipta, manusia harus ikhlas merelakan apapun yang paling berharga dalam hidupnya, termasuk anak terkasihnya Ismail bila itu memang dikehendaki sang pencipta.

“Semangat berkurban inilah yang semoga mampu diresapi oleh seluruh umat Islam di kabupaten PPU. Karena hakekat berkurban adalah kita mampu mengedepankan orang lain dari pada diri kita sendiri sebagai hikmah Idul Adha,” kata Makmur Marbun.

Dalam konteks ke-Indonesiaan, semangat pengorbanan harus menjadi sebuah tata nilai di tengah-tengah masyarakat. Karena banyak persoalan bangsa muncul akibat lemahnya spirit untuk berkorban bagi orang lain dan spirit untuk berkorban bagi sesama. Baik sesama umat Islam maupun sesama umat manusia.

Bahkan, yang lebih menonjol kata Marbun, dalam kehidupan saat ini adalah semangat menang sendiri, berkuasa sendiri serta semangat untuk tidak menghiraukan penderitaan orang lain.

“Selain itu, hari raya Idul Adha juga dapat dimaknai sebagai momentum menyebarluaskan kasih sayang dan toleransi,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini Makmur Marbun juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak, khususnya aparat keamanan yang telah mampu menciptakan suasana aman, nyaman dan kondusif dalam melaksanakan perayaanIdul Adha sehingga seluruh umat muslim di PPU dapat melaksanakan ibadah sholat Idul Adha dengan tenang.

” Izinkan kami atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Daerah mengucapkan selamatHari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah kepada seluruh umat muslim di Kabupaten PPU. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya pribadi dan keluarga menyampaikan permohonan maaf lahir dan bathin kepada seluruh masyarakat PPU atas segala kekhilafan dan kesalahan saya dan keluarga,” tutupnya.

Di sela-sela kegiatan ini Pj Bupati PPU juga menyerahkan sapi kurban dari pemerintah daerah kepada pengurus Masjid Agung Al-Ikhlas yang disaksikan jajaran pejabat di lingkup PPU, dan pengurus masjid ini. (kmf/log)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.