Jalan Trans Kalimantan di Penajam Rusak Parah

Bagus Purwa

Kondisi Jalan Trans Kalimantan Saat Ini (L Gustian – Hello Borneo)

Kondisi Jalan Trans Kalimantan Saat Ini (L Gustian – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Jalan trans Kalimantan yang berada di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hingga saat ini masih dalam kondisi rusak parah.

Anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, dari daerah pemilihan (Dapil) Sepaku, Sariman mengungkapkan, ruas jalan tersebut merupakan jalur alternatif penting atau trans darat Kalimantan.

“Panjang jalan itu sekisar 120 kilometer tetapi 70 kilometer mengalami kerusakan parah dan sangat memprihatinkan. Terparah, yang berada di kawasan Sepaku,” ungkpanya.

Perbaikan jalan tersebut, kata Sariman, merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan pemerintah pusat.

“Pemerintah prpvisni dan pemerintah pusat semestinya memberikan perhatian khusus dengan melakukan perbaikan sebab jalan itu merupakan jalur penghubung Penajam Paser Utara dengan Kota Balikpapan, nahkan juga sebagai jalan trans provinsi ke Kalimantan Selatan. Kondisi seperti itu sudah berlangsung 10 tahun,” jelasnya.

Walaupun sering dilakukan perbaikan, lanjut Sariman, karena dikerjakan sekedarnya hanya secara tambal sulam, sehingga titik-titik perbaikan tidak bertahan lama dan kembali mengalami kerusakan.

“Jika hujan, jalannya licin dan berlumpur. Pokoknya kawasan Sepaku kondisi jalannya rusak parah. Bahkan kedalaman lubang jalan hingga hampir setengah meter sehingga kerap mengakibatkan kecelakaan,” katanya.

Selain perbaikan hanya dilakukan secara tambal sulam, menurut Sariman, diperparah akibat kerap dilalui kendaraan yang bertonase melebihi kapasitas jalan tersebut.

“Kami berharap, pemerintah melakukan penanganan secara khusus pada jalan trans Kalimantan dan kalau perlu dimasukkan proyek ‘multiyears’ atau tahun jamak sehingga jalan itu, bisa difungsikan secara optimal,” ujarnya.(adv/log)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.