Kodam VI Mulawarman Fokus Penyelundupan Narkoba di Perbatasan

Bagus Purwa

Penajam, helloborneo.com – Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman, Kalimantan Timur, Mayjend TNI Benny Indra Pujihastono, menegaskan Kodam VI Mulawarman fokuskan peningkatan pengawasan terhadap penyelundupan narkoba dan minuman keras (miras) dari wilayah perbatasan.

“Jajaran satuan tugas pengamanan perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Serawak (Malaysia), Batalyon Infanteri (Yonif) 405/Suryakusuma secara intensif terus mengawasi seluruh alur masuknya narkoba dan miras dari perbatasan, bukan saja yang masuk dari Tawau,” ungkap Pandam Benny Indra Pujih Benny Indra Pujihastono.

Dari data yang masuk, kata Panglima, periode Januari hingga Maret 2015 intensitas penangkapan penyelundupan narkoba dan miras melalui perbatasan yang dilakukan oleh Yonif 405/Suryakusuma cukup tinggi. Dimana hasil tangkapan tersebut, langsung diserahkan kepada instansi yang berwenang di daerah setempat.

“Hasil tangkapan narkoba dan miras Satgas Pamtas Yonif 405, tiga bulan terakhir ini cukup tinggi tapi saya lupa prosentasenya. Dan semua prosedur kami serahkan kepada Kepolisian, Keimigrasian dan Kejaksaan daerah itu,” jelas Benny Indra Pujihastono.

Anggota Satgas Pamtas Yonif 405/Suryakusuma yang bertugas di pos terdepan di wilayah perbatasan indonesia-Malaysia, lanjut Pangdam, terutama yang merupakan jalur atau pintu masuk dari dan ke wilayah indonesia secara intensif banyak melaksakan sweeping untuk mencegah masuknya narkoba dan miras di wilayah indonesia.

Benny Indra Pujihastono menyatakan, pelaksanaan sweeping terus dilaksanakan oleh pos-pos jajaran depan Satgas Pamtas Yinif 405/Suryakusuma sampai dengan akhir penugasan, untuk menjaga kawasan perbatasan agar terhindar dari segala macam bentuk penyelundupan.

“Satgas Pamtas Yonif 405 akan terus lakukan sweeping untuk meminimalisir penyelundupan narkoba maupun miras yang dapat merusak mental dan masa depan bangsa Indonesia,” katanya.

Pelaksanaan sweeping yang dilaksanakan Satgas Pamtas Yonif 405/Suryakusuma, tambah Pangdam Benny Indra Pujihastono, selalu bersinergi atau berkoordinasi dengan instansi terkait baik instansi militer, kepolisian maupun instansi sipil sehingga kegiatan sweeping mendapat dukungan dari semua pihak terkait. (log)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.